Bukan Sekadar Bumbu Masak, Ini Rahasia 7 Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan

Bukan Sekadar Bumbu Masak, Ini Rahasia 7 Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan
Daun salam kaya manfaat bagi kesehatan. (Sumber foto: yankes.kemkes.go.id)
0 Komentar

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengeringkan daunnya dan menjadikannya bubuk, kemudian mengonsumsinya secara rutin dengan menambahkan satu sendok teh menjadi dua ke dalam 200 mililiter (ml) air.

  1. Mencegah hipertensi

Manfaat daun ini lainnya yakni bisa menjadi obat untuk menurunkan tekanan darah yang ada di dalam tubuh, sehingga dapat menghindarkan Anda dari hipertensi. Daun ini mengandung flavonoid cukup tinggi yang dipercaya mampu menurunkan tekanan darah.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Asam caffeic merupakan senyawa organik penting yang ditemukan dalam daun salam. Senyawa itu berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung. Asam caffeic dapat membantu menghilangkan LDL atau kolesterol jahat dari sistem kardiovaskular.

Baca Juga:DPRD Kabupaten Pekalongan Hadiri Musrenbang Kecamatan Kajen, Ini Aspirasi Masyarakat6 Makanan untuk Cegah Kanker Serviks, Banyak Dijumpai di Sekitar Kita

  1. Mengurangi kecemasan dan stres

Manfaat rebusan daun ini yang lainnya adalah mengurangi kecemasan dan stres. Daun yang biasa untuk bumbu masak ini mengandung zat bernama linalol yang mampu menurunkan hormon stres dalam tubuh. Zat ini biasanya banyak terkandung di dalam aromaterapi.

Daun Salam Kaya Manfaat (halodoc.com)

Daun salam memiliki sifat antikanker, antiinflamasi, dan antibakteri, yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain 7 manfaat di atas, manfaat daun ini lainnya seperti dilansir halodoc.com di antaranya:

1) Efek AntiBakteri

Dalam studi laboratorium, ditemukan bahwa daun salam memiliki sifat antibakteri. Artinya daun ini bisa menghentikan bakteri yang tumbuh. Khususnya menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus dan E. coli. Dari studi laboratorium, ditemukan juga bahwa daun ini mampu melawan H. Pylori, bakteri yang menyebabkan bisul, bahkan kanker.

2) Pencegahan dan Pengelolaan Kanker

Penelitian sel laboratorium juga menunjukkan bahwa daun ini mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker payudara dan sel kanker kolorektal. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami seberapa efektif daun salam dalam membantu pengidap kanker.

3) Mengobati Batu Ginjal

Sebuah studi tahun 2014 menyelidiki apakah ekstrak daun salam dapat membantu mencegah batu ginjal. Studi tersebut menemukan bahwa, bersamaan dengan delapan obat tradisional lainnya, daun ini mampu mengurangi jumlah urease dalam tubuh.

0 Komentar