Penyebab Mata Silau saat Berkendara di Malam Hari dan Cara Mengatasinya

Mata Silau saat Berkendara di Malam Hari
Mata Silau saat Berkendara di Malam Hari (Foto: Freepik)
0 Komentar

Kondisi ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan jika kita tidak berhati-hati. Oleh karena itu, penting untuk kita untuk memilih jalur yang relatif aman dan memastikan untuk mengikuti rambu-rambu lalu lintas saat berkendara di malam hari. Serta tidak menggunakan lampu kendaraan yang terlalu terang seperti lampu mercusuar, cukup seperlunya saja.

Cara Mengatasi Mata Silau saat Berkendara di Malam Hari

Mata silau yang kerap dialami saat berkendara di malam hari dapat membuat kita merasa kurang nyaman dan kurang fokus. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi mata silau saat berkendara di malam hari.

Mulailah dengan memeriksa cahaya lampu kendaraan kamu sendiri. Pastikan kamu menggunakan lampu dengan tingkat kecerahan yang tepat, karena lampu yang terlalu terang mungkin akan memberikan efek silau yang lebih parah, entah itu pada pengguna jalan lain atau pada kamu sendiri.

Baca Juga:7 Kesalahan Pemakaian Skincare yang Mungkin Sering Kamu LakukanKamu Wajib Tahu 3 Makanan untuk Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Sebagai tambahan, mungkin kamu bisa menambahkan sedikit fitur anti silau pada kaca mobil kamu, atau menggunakan kacamata anti silau dan helm full face jika kamu pengguna kendaraan roda dua.

Selanjutnya, cobalah untuk melindungi mata kamu dari cahaya lampu kendaraan lain yang berlawanan arah dengan cara menundukkan kepala ke bawah dan menutup matamu selama beberapa saat. Ini akan membantu kamu untuk terbiasa dengan cahaya lampu kendaraan lain yang berlawanan arah.

Kemudian, cobalah untuk mencuci mata kamu dengan air hangat sebelum berkendara. Ini akan membantu mata kamu tetap terhidrasi dan lembab. Selain itu, pastikan untuk beristirahat dengan cukup saat berkendara di malam hari. Ini akan membantu mata kamu untuk tetap fokus dan tidak mudah silau.

Terakhir, jika kamu dihadapkan dengan kondisi buta sesaat dan kamu tidak bisa menghindar, beri sinyal pada pengedara lain untuk menurunkan intesitas lampu depan mereka. Bisa dengan menyala matikan lampu depan kita, atau dengan klakson.

Dengan mengikuti beberapa tips di atas, kamu dapat dengan mudah mengatasi mata silau saat berkendara di malam hari. Semoga kamu bisa berkendara dengan aman walau di malam hari.

0 Komentar