Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2023, Kasatlantas : Gunakan ETLE dan Manual

Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2023, Kasatlantas : Gunakan ETLE dan Manual
BERI KETERANGAN - Kasat Lantas Polres Batang, AKP Agus Pardiyono Marinus saat memberikan keterangan pada awak media Radarpekalongan.id, Selasa (7/3/2023) siang. Dok. Istimewa
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Satuan Lalu Lintas Polres Batang mulai menggelar Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2023. Operasi mulai dilaksanakan sejak Selasa 7 Februari 2023 hingga 20 November 2023.

Hal itu diungkapkan, Kasat Lantas Polres Batang, AKP Agus Pardiyono Marinus, saat ditemui Radarpekalongan.id, Selasa (7/3/2023) siang.

“Jadi, melalui kegiatan operasi ini, kami ingin memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tertib berlalu lintas. Dengan adanya tertib berlalu lintas, maka akan mengurangi angka kecelakaan,” ujar AKP Marinus.

Baca Juga:Dari Muhammadiyah untuk NU, Haedar Nashir: Selamat Satu Abad NUJalur Pantura Batang Banyak yang Rusak, Kasatlantas: Kami Sudah Survei dan Laporkan

Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kasatsamapta Polres Semarang itu mengharapkan, dengan adanya Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi itu, maka angka kecelakaan di Batang, khususnya pada momen Operasi Ketupat Candi 2023 nanti sudah bisa mulai menurun.

“Jadi, pada gelaran Operasai Kesalamatan nanti, kami akan melakukan upaya tilang, baik itu melalui Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) maupun manual. Jadi semuanya jalan,” terangnya.

Masih kata AKP Marinus, pihaknya akan memprioritaskan kegiatan operasi itu pada ambang gangguan pagi, ambang gangguan sore, dan kami akan melaksanakan hunting.

“Jika nanti terdapat pelanggaran kasat mata, dan membahayakan, maka akan langsung kami tindak,” tegasnya.

Namun juga diakui Marinus, bahwa saat ini masyarakat Kabupaten Batang sudah tertib beralalu lintas, seperti tertib menggunakan helm.

Sementara itu, Kapolres Batang AKBP Saufi Salamun juga turut mengimbau agar masyarakat wilayah Batang khususnya diimbau agar selalu melengkapi surat-surat kendaraan serta perlengkapan berkendara lainnya.

Hal itu diungkapkan Kapolres Batang AKBP Saufi Salamun saat memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2023 di halaman Mapolres setempat, Selasa (7/2/2023).

Baca Juga:Tegas! Sat Lantas Polres Batang Tegur Pengemudi Truk yang Parkir di Exit Tol KandemanSudah Februari, Bupati Dico Minta OPD Percepat Realisasi Program 2023

AKBP Saufi Salamun mengatakan, bahwa Polri telah menetapkan kalender Operasi Keselamatan Lalu Lintas yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi Tahun 2023 ini sendiri merupakan Operasi Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas yang kondusif menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H Tahun 2023.

“Dengan mengedepankan giat preemtif 40% dan preventif 40% serta didukung giat penegakan hukum (Gakkum) 20% (ETLE Statis dan Mobile serta teguran) guna mewujudkan Kamseltibcarlantas yang aman dan selamat,” bebernya.

Ditambahkan dia, bahwa pada gelaran Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi Tahun 2023 ini pihaknya akan melibatkan 3.331 personel dari seluruh Jajaran Polda Jateng dengan dukungan dari perkuatan personel TNI, Dishub, serta instansi terkait lainnya.

0 Komentar