Memahami Seluk Beluk Childfree: 6 Alasan Seseorang Tidak Ingin Memiliki Anak

childfree, tanpa anak
Memahami Seluk Beluk Childfree (Foto: Freepik)
0 Komentar

4. Khawatir tidak mampu membesarkan anak

Hal ini umum terjadi. Kecemasan akan kemampuan mereka mengurus seorang anak bisa berujung pada keputusan untuk tidak memiliki anak. Hal ini biasana berdasar pada ketidakseiapan mental untuk memiliki anak.

Meski biasanya hal ini hanya berlangsung sementara, tapi orang dengan gangguan kesehatan mental akan cenderung memilih untuk tidak memiliki anak sama sekali karena kecemasannya itu.

Salah satunya adalah masalah maternal instinct, yang mana kondisi ini mebuat seorang wanita tidak bisa membedakan mana yang benar atau yang salah saat membesarkan seorang anak. Kondisi ini juga sangat berkaitan dengan kemampuan seorang ibu untuk melindungi anak-anaknya.

Baca Juga:7 Jenis Creative Block yang Sering Dialami Pekerja Kreatif serta Cara MengatasinyaKapan Waktu yang Tepat untuk Mandi Air Hangat dan Cara 4 Memaksimalkan Manfaatnya

5. Kondisi kesehatan

Beberapa wanita mungkin lebih memilih untuk childfree karena kondisi kesehatan mereka yang kurang mendukung untuk membesarkan seorang anak. Misalnya seperti cacat pada bagian tubuh, lumpuh, gangguan kesehatan mental, memiliki penyakit keturunan, dan sebagainya.

6. Alasan pribadi

Selain alasan-alasan di atas, seseorang juga bisa memilih untuk hidup tanpa anak karena alasan pribadi. Mungkin mereka lebih nyaman hidup tanpa anak, membuat mereka bisa fokus pada hidup mereka sendiri.

Dampak Memilih Childfree

Seorang wanita yang sudah mengalami masa mengandung dan melahirkan disebut bisa terbebas dari kanker. (Foto: Freepik)

Meskipun childfree adalah pilihan yang populer di kalangan orang dewasa modern, banyak yang menimbulkan pertanyaan tentang dampak dari pilihan ini. apa dampak negatifnya? Apa dampak positifnya?

1. Dampak negatif

Orang yang memilih utnuk tidak memiliki anak biasanya lebih rentan terkena kanker. Ini karena saat seorang wanita tengah dalam masa mengandung kemudian menyusui, dia akan mengalami perubahan hormon. Peningkatan progsteron serta penurunan esterogen membuat perempuan hamil terlindungi dari risiko timbulnya kanker.

2. Dampak positif

Di sisi lain, peneliti melihat bahwa perempuan yang memilih untuk hidup tanpa anak memiliki kualitas kesehatan yang lebih tinggi dalam sisi fisik dan mental ketimbang mereka yang memiliki anak. Orang-orang dengan pilihan tanpa anak juga cenderung hidup lebih lama

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Kamu Memilih Childfree

0 Komentar