Crab Mentality: Sindrom yang Membuat Seseorang Tidak Suka dengan Kesuksesan Orang Lain

crab mentality, mentalitas kepiting
Crab Mentality: Sindrom yang Membuat Seseorang Tidak Suka dengan Kesuksesan Orang Lain (Foto: Freepik)
0 Komentar

Tips Menghadapi Crab Mentality

Crab Mentality juga cenderung membuat orang tidak suka dengan kebahagiaan yang orang lain rasakan. (Foto: Freepik)

Jika kamu merasa kamu mengalami crab mentality atau terjebak dalam suatu hubungan toxic dengan orang-orang bermental kepiting, kamu harus memperdalam kesadaran diri kamu terebih dahulu untuk berdamai denga perasaan yang kamu alami.

Selain itu, ada hal lain yang mungkin bisa kamu lakukan saat kamu terjebak dalam fenomena psikologis crab mentality ini, seperti:

Baca Juga:5 Cara Mengetahui Jenis Kulit Anti Ribet biar Tidak Salah Pakai SkincareGitasav Dituduh Pedophobia, Memang Apa Bedanya dengan Childfree?

1. Tetap gigih

Salah cara untuk menghadapi crab mentality adalah dengan tetap maju dan jangan menyerah. Walau kritik dan cibiran tetap terlempar ke arah kamu dan menghambatmu melangkah, kmau tidak perlu mendengarkan hal itu. Selama kamu melakukan apa yang ingin kamu lakukan tanpa merugikan orang lain dan demi kamu sendiri, lakukan saja.

2. Kembangkan niali diri

Kalau kamu memilki kepercayaan diri yang rendah, kamu akan terus-terusan ditarik kebawah oleh kepiting lain, atau justru kamu yang menarik kepiting lain. Intinya, untuk mengahadapi crab mentality, kamu harus punya kepercayaan diri yang besar dan mentl yang kuat untuk terbiasa dengan senggolan kepiting lain.

Cobalah untuk meningkatkan nilai dalam diri kamu, misla dengan memperdalam skil yang sudah kamu punya, mencari hobi baru, rutin berolahraga, belajar bahasa asing, dan sebagainya. Dengan begitu kamu akan bisa keluar dari lingkar setan yang menyebabkan kamu saling menjatuhkan satu sama lain.

3. Konsisten

Kamu tidak akan bisa lepas dari lingkar crab mentality jika kamu tidak totalitas dalam usaha kamu. Buat perencanaan dengan atang dan eksekusi denga nmetode yang cocok. Kamu boleh berorientasi pada risiko, tapi jika kamu terlalu takut dengan risiko maka kamu akan sulit untuk maju dan akan teap berada di level bawah bersama kepiting lain.

Maka dari itu, konsistensi kamu sangat diperlukan untk mengalahkan crab mentality.

4. Evaluasi diri

Sematang apapun perencanaan yang kamu buat, bukan berarti kamu tidak akan menghadapi masalah dan rintangan. Dari hambatan-hambatan yang muncul, kamu bisa mengevaluasi diri dengan memikirkan apa yang harus kamu lakukan kedepannya, bagaimana agar masalah ini tidak terjadi lagi, dan mengapa masalah ini terjadi.

0 Komentar