Tak Melulu Jadi Penyebab Jerawat, Ini 5 Manfaat Sebum yang Sering Diabaikan

manfaat sebum, fungsi sebum, kegunaan sebum
Manfaat Sebum yang Sering Diabaikan (Foto: Freepik)
0 Komentar

2. Mencegah pertumbuhan bakteri

pH kulit kita dipengaruhi oleh kadar minyak yang diproduksi. Produksi sebum yang tinggi akan menjaga pH kulit tetap berada angka 4-6. Manfaat sebum yang menjaga kulit tetap pada pH keasaman yang tepat akan membantu membunuh bakteri serta jamur yang berisiko menginfeksi kulit kamu.

Jadi dengan kata lain, sebum juga memiliki peran dalam mencegah kulit kamu berjerawat.

3. Menjaga kulit dari paparan sinar UV

Manfaat sebum yang satu ini benar-benar unik. Karena, minyak yang kita produksi dari kelenjar sebasea ini bisa mengirimkan sinyal kepada otak, yang kemudian memerintah sistem kekebalan tubuh untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Squalene adalah kandungan yang berperan penting dalam pengiriman sinyal ini.

Namun begitu, tetap usahakan menggunakan tabir surya saat keluar rumah.

(Foto: Freepik)

Baca Juga:Ini 7 Urutan Skincare Malam yang Benar, Jangan Sampai Terbalik!Waspadai Kebiasaan Makan Es Batu, Bisa Jadi Tanda Penyakit!

4. Melindungi dari radikal bebeas

Salah satu manfaat sebum lainnya adalah minyak alami ini membantu menyebarkan vitamin E dari pembuluh darah ke permukaan kulit. Dengan adanya vitamin E, kulit kita bisa teroksidasi dengan baik hingga dampaknya kulit kita terbebas dari kerusakan akibat radikal bebas.

5. Menjaga suhu tubuh

Seperti yang sudah disinggung di atas, produksi sebum bisa di sebabkan oleh suhu udara, termasuk suhu lingkungan serta cuaca. Saat lingkungan di sekitar kita dingin, seperti ruangan ber-AC atau saat musim hujan, kelenjar sedasea akan memprosuksi lebih banyak sebum untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil.

Jadi, itulah beberapa manfaat sebum yang mungkin masih sering kita hiraukan. Minyak alami tidak selalu menyababkan masalah. Dia hanya berulah jika produksinya dalam jumlah yang terlalu banyak.

Sebum yang berlebih bisa menyumbat pori-pori dan menjadi sarang bakteri untuk berkembang di folikel rambut. Itulah yang menyebabkan jerawat.

Namun begitu, kita tetap tidak bisa megesampingkan manfaat sebum yang sebenarnya serta perawatan kulit agar produksi sebum tidak berlebihan.

Semoga artikel ini bermanfaat!

**DYA

Referensi:

  1. Apa Itu Sebum dan Mengapa Dibutuhkan? – buka
  2. Apa Itu Sebum? Kenali Fungsinya untuk Kesehatan Kulit – buka
0 Komentar