Mengapa Valentine Day Identik dengan Coklat? Ada Sejarah yang Perlu Kamu Ketahui

alasan kenapa valentine day identik dengan coklat
Mengapa Valentine Day Identik dengan Coklat? (Foto: freepik.com)
0 Komentar

Seiring dengan berkembangnya zaman, tradisi ini telah berubah menjadi perayaan yang diikuti oleh pasangan-pasangan di seluruh dunia. Tak hanya surat atau sekuntum bunga, orang-orang juga mulai menggunakan coklat sebagai representasi rasa kasih dan sayang yang dalam.

Lalu Apa yang Membuat Valentine Day Identik dengan Coklat?

Pada awalnya, coklat dan kokoa adalah makanan yang begitu mahal dan hanya bisa dikonsumsi oleh orang-orang kalangan atas seperti bangsawan suku Maya dan Aztec. Namun, siring berjalannya waktu, coklat mulai merambat ke area Eropa pada tahun 1600-an. Kala itu, gagasan yang mengatan bahwa Valentine Day identik dengan coklat belum terdengar sama sekali.

Pada 1840-an, seorang pengusaha coklat bernama Richard Cadbury, memulai sebuah inovasi dengan barang dagangnya yang tengah mengalami kemunduran hebat. Dia mengakali resep coklat sebelumnya dengan mencoba sesuatu yang baru dengan bubuk dan biji kakao.

Baca Juga:Tidak Suka Berfoto? Mungkin Ada Sebab Dari PsikologiPernah Dengar Istilah Cinta Monyet? Ini Pengertian dan 6 Ciri-Cirinya

Mendapati ide barunya dalam berbisnis sangat cemerlang, dia memproduksi banyak coklat jenis barunya yang disebut dark chocolate dan mengemasnya dengan sekuntum bunga serta kotak-kotak cantik bergambarkan Cupid, malaikat cinta anak dari dewi cinta dan kecantikan, Aphrodite.

Dari sinilah muncul gagasan bahwa Valentine Day identik dengan coklat. Saat itu, banyak laki-laki yang mulai mengungkapkan isi hati mereka dengan memberikan sekotak coklat pada seorang gadis.

Alasan lain yang memperkuat alasan mengapa Valentine Day identik dengan coklat adalah karena pada masa kekuasaan Ratu Victoria di abad ke-19, banyak produsen mengiklankan produk coklatnya dengan meyakinkan para konsumen bahwa ada hubungan seara langsung antara jumlah uang yang dihabiskan untuk coklat dengan besarnya rasa cinta mereka. Itulah mengapa, inovasi coklat Cadbury yang sudah terkemas canik banyak diminati oleh konsumen dan menjadi lambang cinta kepada orang tersayang.

Hingga saat ini, tradisi itu masih tetap terjaga hingga menyebar lebih luas ke seluruh dunia, bahkan hingga Indonesia.

Coklat dengan cita rasa manis berkemaskan kotak berbentuk hati dengan sekuntum mawar merah sudah menjadi hal yang saling berkaitan dengan Hari Valentine berkat produk keluaran Cadbury dengan inovasinya yang cerdas. Itulah mengapa Valentine Day identik dengan coklat.

0 Komentar