3 Hal Yang Harus Diterapkan Agar Anak Tidur Nyenyak

3 Hal Yang Harus Diterapkan Agar Anak Tidur Nyenyak
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Pernah ga mengalami kesulitan anak tidur nyenyak? Kalau sudah begini sih biasanya anak bakalan gampang kelelahan dan tertidur selama aktivitas harian.

Kurang tidur sejak lama dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan serius untuk anak di masa depannya, mulai dari obesitas, diabetes, sampai penyakit jantung.

Ayo biasakan anak tidur nyenyak dengan menerapkan beberapa hal berikut ini, mudah banget kok!

  1. Membuat Suasana Kamar Anak yang Nyaman

Coba deh, jangan membiasakan anak menggunakan kamar tidur untuk hal-hal lain selain tidur, misalnya untuk main atau mengerjakan PR.

Baca Juga:10 Merk Stroller Bayi Terbaik yang Bagus dan Ringan4 Rekomendasi Sampo Mengandung Keratin, Menjaga Kesehatan Rambut Tetap Bagus dan Berkilau

Lambat laun, tubuh anak menjadi terbiasa untuk menghubungkan kamar tidur dengan waktu istirahat.

Jauhkan komputer, ponsel, TV, dan perangkat elektronik lainnya dari kamar tidur anak. Pancaran sinar terang dari perangkat elektronik bekerja meniru sifat cahaya alami matahari.

Akibatnya, jam biologis tubuh menganggap cahaya ini sebagai sinyal bahwa hari masih pagi, dan karena itu produksi melatonin (hormon pemicu ngantuk) jadi terganggu.

Anda bisa buat kamar tidur anak menjadi tempat yang ideal untuk tidur. Suasana kamar yang nyaman, gelap, tenang, dan sejuk dapat membantu anak tidur lebih nyenyak. Suhu kamar ideal untuk tidur nyenyak adalah sekitar 20-22°C.

  1. Menerapkan Sleep Hygiene Sebelum Tidur

Sleep hygiene yaitu pola tidur bersih. Maksudnya “tidur bersih” di sini bukan pergi tidur dalam kondisi tubuh bersih segar habis mandi dan gosok gigi, tapi lebih kepada menerapkan kebiasaan tidur yang lebih sehat untuk membersihkan segala macam gangguan yang biasanya membuat kita kurang tidur.

Pola tidur sehat ini membantu membangun kebiasaan tidur yang lebih baik dan membuat kita lebih disiplin dan konsisten dalam menjalaninya.

Ini termasuk juga untuk membantu memperbaiki jam tidur yang berantakan dan mengatasi gangguan tidur seperti insomnia di kemudian hari.

Baca Juga:6 Rekomendasi Kamera Analog yang Keren dan Memiliki Daya Tarik Tersendiri4 Permainan Anak Bikin Bermain Lebih Seru Tanpa Gadget

  1. Menerapkan Waktu Tidur yang Konsisten

Jadwal pergi dan bangun tidur yang tepat waktu jadi langkah awal yang paling penting kalau anda mau anak tidur lebih nyenyak. Jika dia sudah terbiasa tidur teratur, tubuhnya pun akan ikut membiasakan diri.

0 Komentar