5 Cara atau Tips Mengatasi Breakout Jerawat Pada Wajah

5 Cara atau Tips Mengatasi Breakout Jerawat Pada Wajah
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Pernah mengalami masalah breakout jerawat pada wajah? Breakout adalah kondisi wajah yang nggak normal sehingga muncul iritasi, kemerahan, dan timbulnya banyak jerawat. Kondisi ini tentu akan mengganggu penampilan yang bikin jadi kurang percaya diri.

Breakout pada wajah ini muncul bukan tanpa alasan. Karena itu, ayo temukan tips atau cara mengatasi breakout.

Penyebab Breakout Jerawat di Wajah

Penyebab utama dari munculnya masalah breakout pada wajah, yaitu karena produksi minyak berlebih dan hormon, serta dipengaruhi oleh faktor genetik.

Baca Juga:3 Hal Yang Harus Diterapkan Agar Anak Tidur Nyenyak10 Merk Stroller Bayi Terbaik yang Bagus dan Ringan

Hormon mempengaruhi produksi minyak pada wajah. Sehingga ketika produksi minyak berlebihan dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pada folikel rambut di wajah dan merangsang pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Akan tetapi, ada beberapa kegiatan dari kegiatan yang kita lakukan yang memicu pertumbuhan jerawat, diantaranya pola makan dengan gizi yang tak seimbang, stress, kurang tidur, lingkungan yang kurang bersih, dehidrasi dan juga penggunaan produk skincare yang tidak cocok dengan kulit wajah kita.

Cara Mengatasi Breakout Jerawat

Nah, ketika sedang mengalami masalah breakout pada wajah, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membantu mengatasinya.

  1. Mencuci Muka Secara Teratur

Langkah paling awal yang bisa dilakukan untuk mengatasi wajah yang sedang breakout adalah dengan membersihkan wajah. Kotoran, debu, serta polusi yang nggak dibersihkan akan memicu munculnya jerawat dan peradangan pada wajah.

Anda sebaiknya mencuci muka sebanyak dua kali sehari yakni pada pagi dan malam hari. Kita tidak disarankan untuk mencuci muka lebih dari dua kali sehari. Hal ini dikarenakan wajah akan memproduksi minyak secara terus menerus akibat kehilangan sebum alami.

  1. Gunakan Obat Jerawat dan Pelembab

Wajah yang sedang mengalami breakout biasanya memiliki kadar kelembaban yang tidak seimbang, yang memicu terjadinya pengelupasan pada wajah. Anda harus menggunakan pelembab untuk menjaga keseimbangan kadar kelembaban pada kulit. Sebaiknya kamu menggunakan pelembab yang berlabel non komedogenik.

Untuk peradangan atau jerawat yang timbul pada wajah, anda dapat membantu pengobatannya dengan mengoleskan obat jerawat. Sebaiknya obat jerawat yang kamu gunakan mengandung sulfur, asam salisilat atau benzoil. Kandungan tersebut dapat membantu mengatasi peradangan pada wajah.

0 Komentar