Ramadhan Sebentar Lagi, Ini 4 Makanan dan Minuman yang Dapat Dikonsumsi dan Dihindari Saat Berpuasa

makanan dan minuman selama Ramadhan
Ilustrasi makanan dan minuman (foto/freepik.com)
0 Komentar

  • Sayur-sayuran

Selama puasa tubuh tentu mengalami kekurangan cairan. Untuk itu sayur-sayuran dapat dikonsumsi untuk mengatasi nya, seperti bayam, wortel, jagung, kentang, tomat jenis sayuran lain.

Kandungan yang ada pada sayuran seperti vitamin A, asam folat, potasium dan kaya  akan serat. Berbagai macam sayuran tentu memiliki beragam kandungan nutrisi yang berbeda beda juga.

Selain makanan dan minuman yang wajib dikonsumsi diatas, berikut ini beragam makanan yang perlu kamu hindari saat berpuasa di bulan Ramadhan

  • Minuman berkarbonasi

Saat berpuasa tidak ada asupan yang masuk ke tubuh selama lebih dari 12 jam. Jika saat berbuka puasa kamu meminum air soda maka dapat menimbulkan gangguan pencernaan. Gangguan kesehatan yang dirasakan adalah mual dan perut terasa kembung.

Baca Juga:Pasar Wiradesa Usai Lebaran 1444 Dipastikan Bisa DibukaSilaturahmi ke Ketua MUI Kabupaten Pekalongan, Kapolres Pekalongan AKBP Arief Fajar Satria Ajak Sinergi Tokoh Agama Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu 2024

  • Makanan berminyak

Siapa yang tidak tegoda dengan makanan yang satu ini. Terlebih saat bulan puasa gorengan menjadi menu takjil yang paling banyak diburu.

Namun kandungan minyak yang berlebih dapat menyebabkan makanan sulit dicerna oleh tubuh. Selain itu mengkonsumsi minyak dalam jumlah banyak dan jangka panjang dapat menibulkan kolestrol jahat.

  • Makanan pedas

Cabai menjadi salah satu komponen yang penting dalam segala jenis masakan, terlebih untuk menambah rasa pada masakan masakan Indonesia.  Namun jika mengonsumsi cabai dalam jumlah banyak juga dapat membuat perut menjadi mulas. Terutama bagi anda yang memiliki penyakit asam lambung maka hal ini tentu menjadi salah satu pantangan yang perlu anda dihindari.

  • Minuman berkafein

Untuk pecinta kopi tentu menyeruput secangkir kopi saat berbuka puasa menjadi yang paling ditunggu. Namun kopi mengandung kafein yang dapat membuat gangguan pada sistem pencernaan, sakit kepala hingga dehidrasi. Sehingga konsumsi cafein juga perlu dibatasi.

Demikian ulasan tentang makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi dan yang perlu dihindari selama berpuasa. Tidak hanya dari segi makanan dan minuman, olahraga ringan juga dapat membuat tubuh tetap sehat saat berpuasa. Serta istirahat yang cukup juga membantu tubuh tetap fit. Semoga bermanfaaat.(*)

0 Komentar