16 Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan, Nomor 5 Bermanfaat bagi Perokok Berat

Manfaat bawang putih
Bawang Putih (Hadi Waluyo)
0 Komentar

Mengonsumsi bawang putih di pagi hari ternyata dapat menjadi obat alami untuk memperkuat kekebalan tubuh. Kandungan allicin dalam bawang putih efektif membunuh bakteri penyebab penyakit, seperti pilek, radang tenggorokan, dan batuk. Kandungan diallyl sulfide-nya juga dapat membantu melawan bakteri dalam tubuh.

Hal tersebut berdasarkan penelitian dari Advances in Therapy yang menyatakan bahwa mengonsumsi suplemen bawang putih memiliki risiko terkena pilek lebih rendah dibandingkan orang yang hanya mengkonsumsi obat placebo. Clinical Nutrition juga pernah menunjukan penelitiannya yang membuktikan bahwa mengonsumsi ekstrak bawang putih dapat mengurangi potensi terkena flu yang merupakan gangguan penyakit yang paling mudah dialami manusia.

Bawang Putih dan Bawang Merah (Hadi Waluyo)

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat bawang putih mentah yang sangat fenomenal adalah dapat menurunkan risiko penyakit kanker. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi bawang putih mentah secara rutin dapat menurunkan risiko terkena beberapa jenis kanker, seperti kanker lambung dan kanker usus besar. National Cancer Institute bahkan merekomendasi untuk mengonsumsi bawang putih mentah dibandingkan suplemen diet bawang putih.

Baca Juga:Membahayakan!, Awas Jangan Manjakan Pelajar di Bawah Umur Bawa Motor Ke SekolahMUI Pastikan Produk Mixue Ice Cream & Tea Halal

Mengonsumsi bawang putih mentah dua kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko terkena kanker paru dengan persentase 40 persen. Bawang putih juga bisa mengurangi risiko kanker prostat dengan kandungan antioksidannya yang mampu menangkal racun dan memperkuat daya tahan tubuh, sehingga mampu memperbaiki DNA yang rusak akibat kanker prostat.

Sebuah studi dalam jurnal Cancer prevention research (2015) meninjau efek pencegahan kanker dari bawang putih dan bawang merah dari riset-riset terdahulu. Temuan penelitian sejauh ini menunjukkan potensi konsumsi bawang putih rutin menurunkan risiko kanker.

Kanker tersebut termasuk kanker perut, kanker kerongkongan, kanker pankreas, kanker payudara, dan kanker prostat. Bawang putih mentah kaya akan kandungan sulfur aktif yang diyakini mencegah pembentukan sel kanker dan menghambat penyebarannya.

Bahkan, berdasarkan hasil penelitian mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi UGM, bawang putih mampu mencegah kanker lidah. Kanker lidah merupakan salah satu risiko bahaya yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan merokok. Meski masih dalam tahap penelitian awal, manfaat bawang putih sebagai bahan alternatif antikanker lidah sudah terbukti.

0 Komentar