16 Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan, Nomor 5 Bermanfaat bagi Perokok Berat

Manfaat bawang putih
Bawang Putih (Hadi Waluyo)
0 Komentar

  1. Meringankan Keracunan Logam Berat

Dalam dunia kesehatan keracunan timah sangat berisiko dalam berbagai macam masalah kesehatan yang serius. Namun gejala tersebut dapat diringankan salah satunya dengan mengonsumsi bawang putih mentah secara rutin. Kandungan diallyl sulfide dan sulfur pada bawang putih dipercaya mampu memberikan perlindungan yang efektif dari kandungan logam berat, seperti timah yang bisa jadi masuk ke dalam tubuh manusia.

Studi dari Basic & Clinical Pharmacology & Toxicology pernah menunjukan bahwa kandungan bawang putih dapat menurunkan kadar timah dalam darah hingga 19%. Studi ini adalah penelitian yang dilakukan pada para pegawai pabrik baterai mobil yang banyak bersinggungan dengan bahan timah.

Sebuah studi dari Journal of Nutrition in Gerontology and Geriatrics (2012) menyelidiki efek terapeutik bawang putih pada pasien yang keracunan logam timbal kronis. Penelitian menemukan bahwa bawang putih berpotensi mengurangi kadar timbal dalam darah sebesar 19 persen. Konsumsi bawang putih juga mengurangi gejala keracunan, seperti mual, muntah, dan sakit kepala.

Baca Juga:Membahayakan!, Awas Jangan Manjakan Pelajar di Bawah Umur Bawa Motor Ke SekolahMUI Pastikan Produk Mixue Ice Cream & Tea Halal

  1. Menjaga Kesehatan Otak

Tim peneliti dari Universitas Missouri menemukan bahwa turunan karbohidrat dalam bawang putih, FruArg, bisa melindungi sel-sel otak terhadap efek penuaan dan penyakit.FruArg bisa membantu melawan peradangan dan stres oksidatif. Zat ini juga memperbanyak sel mikroglia tanpa memicu peningkatan kadar oksida nitrat, yang menyebabkan peradangan. Sel mikroglia sangat berperan dalam menjaga kesehatan sistem saraf di otak. Dengan memberikan perlindungan bagi sel-sel otak, risiko demensia dan alzheimer menjadi lebih rendah.

Berapa Makan Bawang Putih Mentah?

Anda bisa memperoleh semua manfaat bawang putih di atas dengan mengunyah siungnya secara mentah-mentah. Mungkin cara ini tidak biasa bagi Anda, tapi memasaknya justru akan menghilangkan berbagai zat gizi penting.

Jika tidak ingin terus-terusan makan yang mentah, Anda bisa menambahkan bawang putih ke dalam masakan sehari-hari. Makan 1 – 4 siung bawang putih mentah setiap hari cukup aman jika Anda tidak memiliki kondisi kesehatan serius.

Karena khasiatnya yang bisa dibilang sangat mujarab seharusnya tidak membuat kita terlalu kalap atau berlebihan dalam mengonsumsi bawang putih mentah. Sebenarnya tidak ada anjuran yang paten dalam menentukan seberapa banyak kita harus mengonsumsi bawang putih mentah. Jika Anda memiliki kondisi tubuh yang sehat dan tidak memiliki masalah kesehatan serius, maka bisa makan 1-4 siung bawang putih per harinya. Hal tersebut dikemukakan oleh para ahli dari University of Maryland Medical Center.

0 Komentar