Pro dan Kontra Seputar MBTI: Kamu Harus Tahu Seberapa Akurat Tool Psikologi Ini Mengetahui Kepribadian Manusia

pro dan kontra seputar mbti
Pro dan Kontra Seputar MBTI (Ilustrasi: freepik.com)
0 Komentar

Selain itu, ada juga argumen tentang peningkatan kinerja dan produktivitas. Ada yang berpendapat bahwa orang yang telah memahami tipe kepribadian mereka akan lebih terpancing untuk produktif dalam pekerjaan mereka.

Dan karena dipandang memiliki dampak yang bagus untuk produktifitas, beberapa perusahaan besar di luar negri sudah mulai menggunakan MBTI sebagai taraf syarat diterimanya mereka bekerja.

Alat tes idikator ini juga sangat mudah ditemui dan mudah dipahami. Pengguna yang tertarik dengan metode pengetahuan kepribadian ini tidak perlu memahami seluk-beluk psikologi untuk bisa mengenal diri mereka lebih jauh.

Baca Juga:Dunning Kruger Effect: Fenomena Psikologi yang Buat Orang jadi Sok Tahu, Kenali Ciri-Cirinya!Ini yang Jadi Alasan Kenapa Sex Education Penting untuk Diajarkan ke Anak-Anak dan Remaja

Argumen yang Menentang MBTI

Dalam diskusi megenai pro dan kontra seputar MBTI, beberapa orang menentang penggunaan skala MBTI dan menganggapnya tidak akurat dan tidak dapat menilai secara tepat kepribadian seseorang. Beberapa alasan yang dikemukakan adalah bahwa MBTI tidak memiliki penelitian yang kuat untuk mendukung validitasnya, dan bahwa penilaiannya hanya bersifat subjektif.

Selain itu, dengan menggunakan kategori yang sudah ada, mereka tidak dapat menangkap kompleksitas kepribadian seseorang. Bahkan, para penentang MBTI menyarankan bahwa hasilnya dapat meningkatkan stereotipe dan mengurangi keunikan individu. Hal ini juga dianggap tidak manusiawi karena MBTI dianggap mengelompokkan manusia berdasarkan label yang sudah dibuat.

Terlebih lagi sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsistensi dari tes MBTI setidaknya hanya bertahan sekitar 5 minggu. Dan setelah itu, hasil bisa saja berubah jika dites ulang.

Cara Menyikapi Pro dan Kontra Seputar MBTI dengan Bijak

Foto: freepik.com

Meskipun tes ini sangat berguna untuk mengidentifikasi bakat potensial dan meningkatkan kinerja di tempat kerja, ada beberapa kekhawatiran tentang validitas dan akurasi dari tes ini. Oleh karena itu, penting bagi orang untuk menyikapi pro dan kontra seputar MBTI ini dengan bijak.

Pertama, penting bagi kamu untuk memahami bahwa hasil tes MBTI adalah sebuah petunjuk dan bukan penentu mutlak. Hasil tes MBTI dapat mengidentifikasi kemungkinan tipe kepribadian kamu, tetapi ini hanya sebuah laporan yang perlu kamu teliti kembali. Jangan terlalu bergantung pada tes ini sebagai cara untuk menentukan keputusan dna menilai diri kamu sendiri.

0 Komentar