Pendaftaran CPNS 2023 Segera Dibuka Juni, Simak  Syarat, Jadwal , dan Formasinya

Pendaftaran CPNS 2023 Bakal Segera Dibuka Juni; Simak Syarat, Jadwal , dan Formasinya.
Pemerintah memastikan kjembali membuka pendaftaran CPNS 2023. (Foto: https://sscasn.bkn.go.id/)
0 Komentar

Sementara itu KemenPANRB menyampaikan bahwa pada jenjang Strata 1 atau S1 ada empat jurusan yang berpeluang besar untuk diangkat menjadi PNS tahun 2023. Abdullah Azwar Anas selaku MenPANRB menyampaikan bahwa pendaftaran calon aparatur sipil negara baik CPNS maupun PPPK akan dilakukan secara selektif dan sangat terbatas. Pendaftaran dan seleksinya akan dilakukan secara umum bagi semua kalangan, tidak hanya untuk sekolah kedinasan saja.

Pemerintah sendiri masih berupaya untuk memenuhi kebutuhan tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan. Kemudian pada sektor lain seperti talenta digital juga akan menjadi prioritas pada penerimaan calon pegawai negeri pada tahun ini.

Pemilihan pada sektor pekerja digital dinilai sebagai bentuk transformasi digitalisasi dalam rangka implementasi agenda sistem pemerintahan berbasis elektronik atau SPBE. Formasi lain juga akan dipersiapkan untuk Jaksa, hakim, dosen, serta tenaga teknis.

Baca Juga:Mainan Anak Wajib SNI? Begini Penjelasan BSNRoti Gembong Gedhe  Khas Kalimantan Semakin Hits di Kalangan Anak Muda

Sementara itu, 4 jurusan yang akan menjadi prioritas Penerimaan Pendaftaran CPNS 2023 jenjang S1 adalah:

  1. Jurusan Kesehatan

Kebutuhan untuk tenaga kesehatan selalu menjadi prioritas karena memiliki kapasitas yang cukup banyak pada saat seleksi. Sehingga bagi anda lulusan kedokteran, kebidanan, keperawatan,farmasi, epidemologi, dan lainya akan memiliki peluang yang besar menjadi PNS.

  1. Jurusan Pendidikan

Tingginya kebutuhan guru dan dosen untuk mendidik jadi salah satu formasi yang diprioritaskan oleh pemerintah. Bagi anda lulusan S1 Pendidikan memiliki peluang besar dalam penerimaan CPNS tahun ini.

  1. Jurusan Komunikasi dan Digital

Talenta digital menjadi salah satu prioritas dalam penerimaan CPNS ini seperti yang diungkapkan oleh MenPANRB. Jurusan-jurusan yang memiliki basic ilmu pada bidang komunikasi dan teknologi digital berpeluaang besar pada penerimaan CPNS tahun ini.

  1. Jurusan Hukum

Pemenuhan kebutuhan tenaga ahli dalam bidang hokum juga menjadi prioritas pemerintah. Lulusan S1 pada bidang hokum berpeluang besar dalam penerimaan CPNS tahun ini.

Berkaitan dengan formasi Pendaftaran CPNS 2023, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas  mengungkapkan jika pihaknya masih berusaha memprioritaskan tenaga pendidikan dan kesehatan. Serta memberi peluang bagi talenta digital. Pekerja digital dianggapnya sangat diperlukan untuk transformasi digitalisasi pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)lebih mendekatkan kita kepada publik baik secara online maupun berbicara di depan umum.

0 Komentar