Meriahnya Pesta Siaga Kwarran Warungasem, 4 Sekolah Ini jadi Juaranya

Pesta SIaga Kwarran Warungasem Tahun 2023
MERIAH - Gelaran Pesta Siaga Kwarran Warungasem tahun 2023 berlangsung meriah, Kamis (16/2/2023). Dok. Istimewa
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Pesta Siaga Kwarran Warungasem tahun 2023, Batang, baru saja selesai digelar dengan sukses pada Kamis (16/2/2023) kemarin. Kegiatan yang dipusatkan di halaman SMPN 1 Warungasem ini berlangsung meriah, melibatkan seluruh satuan pendidikan setingkat SD/MI di Kecamatan Warungasem.

Pesta Siaga tahun ini memang terasa lebih meriah, mengingat selama lebih dari dua tahun aktivitas kepramukaan nyaris terbatasi akibat pandemi Covid-19. Tak heran, ratusan siswa SD/MI terlihat amat antusias mengikuti jalannya agenda tahunan ini.

“Alhamdulillah, tahun ini Pesta Siaga Kwarran Warungasem bisa digelar dengan normal kembali, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang serba terbatas akibat pandemi,” ungkap Ketua Gerakan Pramuka Kwarran Warungasem, Sugito, Sabtu (18/2/2023).

Baca Juga:Stok Masih Langka, Disdagkop Kendal Distribusikan Minyakita 120 KartonSelain SR dan Industri, Perumda Sendang Kamulyan Punya Layanan Air Bersih Mobile

Dijelaskan, Pesta Siaga Kwarran Warungasem 2023 diikuti total 40 siswa SD dan MI. Mereka berasal dari 30 sekolah se Kecamatan Warungasem, yakni terdiri dari 23 SD dan 7 MI.

Lihat juga: Tumbuhkan Kreativitas, Ratusan Anggota Pramuka Kwaran Kajen Ikuti Pesta Siaga

“Untuk tahun ini, Pesta Siaga Kwarran Warungasem mengusung tema aktif, santun, inovatif, dan kreatif. Kalau aktif dan santun tentu sudah menjadi karakter dari anak pramuka, namun di era transformasi digital saat ini kita juga mengharapkan anak-anak gerakan kepanduan ini bisa memiliki karakter kreatif dan inovatif. Ya karena anak-anak usia SD saat ini sudah amat familiar dengan teknologi digital,” jelas Sugito.

Barung Tergiat Pesta Siaga Kwarran Warungasem

Kemeriahan Pesta Siaga juga ditandai dengan berbagai perlombaan khas Pramuka. Untuk menyebut di antaranya, seperti Lomba Siaga Hebat, Scouting Skill, Peraturan Baris Berbaris (PBB)< ketangkasan permainan tradisional IOK, serta tari kreasi.

Dari rangkaian acara keseluruhan, empat sekolah berhasil keluar sebagai Juara Pesta Siaga. Untuk barung tergiat putra dimenangi MI Salafiyah Sidorejo dan MI Tholabuddin 01, sementara untuk barung tergiat putri diraih oleh SDN Sawahjoho 01 dan MI Salafiyah Sidorejo.

PENYERAHAN HADIAH – Empat sekolah yang menjadi barung tergiat putra maupun putri Pesta Siaga Kwarran Warungasem 2023 menerima hadiah. (Dok. Istimewa)

“Secara keseluruhan Pesta Siaga Kwarran Warungasem 2023 ini berlangsung sukses. Tentu tidak sekadar seru-seruan acara dan lomba, melainkan juga penguatan karakter kepramukaan diharapkan akan membekas dan teraktualisasi dalam kehidupan keseharian para peserta. Hal ini penting, karena salah satu isu krusial dari generasi saat ini kan konon soal lemahnya anggah ungguh, akhlak, dan sejenisnya,” terang Sugito.

0 Komentar