5 Manfaat Kurma untuk Kesehatan, Buah Nabi yang jadi Menu Favorit Saat Ramadan

Selain mengikuti Nabi, ternyata banyak manfaat kurma untuk kesehatan
5 manfaat kurma untuk kesehatan, buah favorit saat ramadan. (Unsplash.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Sering disebut sebagai buah Nabi, apa sebetulnya manfaat kurma untuk kesehatan? Ya, pertanyaan ini sering muncul karena buah kurma selalu identik dengan Ramadan, bulan yang tidak lama akan menjelang. Buah asal Timur Tengah ini nyatanya selalu menjadi menu favorit di rumah hingga masjid dan musala sebagai menu utama takjil.

Bahkan saat ini, sejumlah toko modern seperti supermarket dan minimarket berjejaring hingga toko-toko kelontong pun mulai memadati rak-rak etalasenya dengan produk kurma kemasan. Nah, mumpung Bulan Suci Ramadan 1444 H/2023 masih berselang lebih dari satu bulan ke depan, ada baiknya pembaca mengetahui tentang apa saja manfaat kurma untuk kesehatan. Sebab selain mengikuti sunah Nabi, tentu umat Islam juga meyakini bahwa apa yang dianjurkan Rasulullah SAW pastilah memiliki banyak manfaat, termasuk untuk kesehatan.

Melansir dari Pharmeasy, kurma memiliki kandungan vitamin, mineral, serat serta antioksidan. Rasanya yang manis dengan kandungan gula yang alami. Tentunya membuat kurma nikmat untuk dikonsumsi. Selain itu, mengkonsumsi buah ini juga menjadi salah satu sunnah yang dilakukan Rasulullah SAW. Selain kandungannya yang baik, kurma juga menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan. Yuk, simak enam manfaat kurma untuk kesehatan yang wajib kamu tahu.

Baca Juga:Simak Fakta Menarik dan Sinopsis Ant-Man and The Wasp: Quantumania6 Bahan Alami Penghilang Ketombe, Dijamin Ampuh dan Aman

Bantu Jaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat Kurma untuk kesehatan yang pertama yaitu bantu jaga kesehatan pencernaan. Hal ini dikarenakan kurma merupakan buah dengan kandungan serat yang tinggi. Bergantung pada varietasnya, kurma dapat memiliki kandungan sekitar 6,4 persen hingga 11,5 serat dalam setiap buahnya. 

Sehingga, buah ini sangat efektif untuk membantu memadatkan feses serta melancarkan pencernaan. Selain serat, adanya kandungan fenolik yang tinggi juga membantu membersihkan usus. Buah kurma juga dapat memelihara mukosa lambung selama beribadah puasa, lho.

Meningkatkan Kekuatan Tulang

Manfaat kurma untuk kesehatan selanjutnya yaitu meningkatkan kekuatan tulang. Kandungan yang mineral yang tinggi pada kurma menjadikan buah ini menjadi makanan super dalam meningkatkan kekuatan tulang. Bahkan, dapat membantu melawan penyakit osteoporosis. 

0 Komentar