Mulai Hidup dengan Zero Waste, Cara Ampuh Cegah Banjir

Gerakan zero waste terus digalakkan untuk mengatasi pelaiknya permasalahan sampah
Ilustrasi gerakan zero waste dalam mencegah banjir. (Cleanipedia.com)
0 Komentar

Selain itu, kamu juga dapat mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, saat berbelanja gunakan tas yang lebih ramah lingkungan. Alih-alih menggunakan bungkus plastik dari toko, pasar maupun supermarket. Kamu justru mengurangi penggunaan plastik dan menggantinya dengan tas yang dapat digunakan berulang.  Sebab, di Indonesia sendiri plastik merupakan jenis yang paling mendominasi sampah di TPA. 

Selain contoh gerakan tersebut, kamu juga dapat memaksimalkan zero waste dengan menerapkan prinsip 5R. Prinsip ini terdiri dari Refuse (menolak), Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), Recycle (mendaur ulang) serta Rot (membusukkan sampah). Prinsip 5R ini dapat kamu gunakan sebagai pegangan dalam menjalani gaya hidup dan melakukan gerakan zero waste yang tanpa sampah. Dampaknya pun tak hanya dirasakan oleh diri sendiri namun juga lingkungan secara luas.

Manfaat Zero Waste

Tentunya gerakan zero waste banyak memberikan manfaat baik bagi individu, masyarakat maupun lingkungan. Beberapa diantaranya seperti, membantu menghemat pengeluaran. Misalnya, jika kamu terbiasa membeli banyak barang untuk membersihkan rumah. Ketika menerapkan zero waste, kamu justru lebih memilih untuk membuatnya sendiri menggunakan bahan-bahan yang sederhana seperti campuran cuka dan soda kue. 

Baca Juga:5 Manfaat Kurma untuk Kesehatan, Buah Nabi yang jadi Menu Favorit Saat RamadanSimak Fakta Menarik dan Sinopsis Ant-Man and The Wasp: Quantumania

Kedua, mengutamakan penggunaan produk tahan lama. Bagi individu yang menganut gerakan zero waste. Ketika berbelanja akan memiliki kecenderungan untuk memiliki produk yang awet serta tahan lama. Misalnya pakaian ataupun furniture. Tindakan semacam ini pun juga dapat membantu menghemat pengeluaran. 

Ketiga, menghindari menyisakan makanan. Penganut zero waste tentu memegang teguh prinsip bebas sampah. Tak ayal, ketika menerapkan gaya hidup tersebut akan sangat menghindari adanya makanan yang tersisa dan terbuang sia-sia. 

Keempat, mencegah terjadinya banjir dan permasalah lingkungan lainnya. Jika gerakan zero waste diterapkan baik secara individu maupun masyarakat akan banyak memberi dampak positif pada lingkungan. Sebab, ketika gerakan tersebut menggaung jumlah sampah pun akan berkurang setiap harinya. Selain itu, perilaku membuang sampah sembarang juga tidak marak kembali. Selain mencegah banjir, permasalah alam seperti pemanasan global juga dapat teratasi. 

0 Komentar