Mitos atau Fakta: Makan Cokelat Bisa Menyebabkan Jerawat

makan cokelat bisa menyebabkan jerawat
Memangnya iya makan cokelat bisa menyebabkan jerawat? (© Freepik.com)
0 Komentar

Jadi, apakah makan cokelat bisa meyebabkan jerawat? Ya, makan cokelat bisa menyebabkan jerawat jika kamu mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak wajar banyak. Apalagi jika kamu memiliki tipe kulit yang memproduksi banyak sebum atau minyak alami. Pada dasarnya, permasalahan ini bersifat individual tergantung pada kondisi tubuh seseorang.

Manfaat Cokelat untuk Kesehatan

© Freepik.com

Hanya karena ada bukti bahwa makan cokelat bisa meyebabkan jerawat bukan berarti jerawat hanya muncul karena satu faktor tersebut. Ada banyak masalah yang bisa memicu munculnya jerawat seperti stres, pola makan yang tidak sehat, minimnya kebersihan wajah, dan yang lainnya.

Cokelat, dalam sudut pandang lain, tentu memiliki keunggulannya sendiri. Untuk kesehatan tubuh, cokelat sangat bagus untuk:

Baca Juga:6 Jenis Gangguan Kesehatan Mental yang Umum Diderita Mahasiswa Ini. Waspadi Jika Kamu Menderita Salah Satunya!Temukan 3 Manfaat Hobi untuk Kesehatan Mental: Bebaskan Diri sembari Melepas Stres

  • Memperbaiki serta membangun suasana hati menjadi lebih baik,
  • Mengendalikan nafsu makan,
  • Menjaga kadar gula darah,
  • Mengurangi risiko penyakit jantung serta penyumbatan pembuluh darah,
  • Menghambat pembentukan serta penyebaran sel kanker.

Saran Konsumsi untuk Mengoptimalkan Manfaat Cokelat

© Freepik.com

Jangan hanya karena makan cokelat bisa meyebabkan jerawat kita jadi menghindari konsumsi cokelat bahkan menghindarinya. Seperti yang disebutkan di atas, cokelat memeiliki manfaat yang terbilang besar bagi kesehatan tubuh kita. Dan untuk mengoptimalkan kandungan dalam kokoa atau cokelat, berikut ada tips konsumsi yang benar.

  • Pilihlah cokelat dengan kandungan kokoa mencapai 70-80% dari bahan dasarnya,
  • Kurangi penggunaan susu atau gula pada olahan cokelat yang ingin kamu buat,
  • Batas harian konsumsi cokelat tidak boleh lebih dari 20 gram,
  • Perhatikan jumlah kalori serta nilai gizi sebelum kamu mengonsumsi cokelat.

Jadi, itulah sedikit pembahasan mengenai mitos atau fakta bahwa makan cokelat bisa menyebabkan jerawat. Sedikit banyak banyak olahan produk cokelat bisa memperburuk kondisi wajah kita. Tapi dengan perawatan yang benar, pola makan sehat, serta manajemen stres serta tidur yang berkualitas, kita bisa terhindar dari masalah jerawat dan bisa bebas mengonsumsi cokelat.

Semoga artikel ini bermanfaat! (*)

Referensi:

  1. Cokelat Bisa Bikin Jerawat Muncul, Benarkah? – buka
  2. Makan Cokelat Sebabkan Jerawat, Mitos atau Fakta? Ini Jawaban Dokter Kulit – buka
0 Komentar