Yuk, Kenali Penyebab Obesitas pada Anak dan 5 Cara Mencegahnya

Penyebab Obesitas Pada Anak
Penyebab Obesitas Pada Anak dan Cara Mencegahnya
0 Komentar

Penyebab Obesitas pada Anak 

Bagi penderita, terdapat beberapa penyebab obesitas yang perlu diketahui. Pertama, faktor genetik (keturunan). Jika seorang anak memiliki orang tua atau keluarga yang terdapat riwayat obesitas. Maka, tingkat resikonya lebih tinggi untuk memiliki berat badan berlebih. Kedua, pola makanan tidak sehat. Seorang snak yang sering mengkonsumsi dan menyukai makanan cepat saji, berlemak hingga minuman manis. Tentunya akan meningkatkan risiko obesitas. 

Ketiga, jarang bergerak. Tak hanya pola makan sehat saja, kurangnya anak untuk bergerak juga dapat menjadi penyebab obesitas. Sebab, semakin kurangnya bergerak justru akan membuat kalori yang masuk dan terbakar tidak seimbang. Keempat, adanya faktor obat-obatan maupun hormonal. Bagi kamu yang memiliki buah hati dalam proses pengobatan yang membuat tingkat nafsu makan tinggi dapat menjadi salah satu penyebab obesitas. Selain itu, hormonal seperti lepton, tiroid, insulin, ghrelin serta estrogen juga dapat menjadi penyebab obesitas.

Tak hanya secara jasmani saja yang dapat menjadi penyebab obesitas pada anak. Namun, psikologis pada anak juga dapat meningkatkan risiko kondisi tersebut. Ketika anak stres atau sedih, cenderung memilih makanan manis atau mengandung tinggi kalori. Hal semacam ini yang perlu kamu waspadai.

Baca Juga:6 Rekomendasi Hewan Peliharaan Lucu yang Mudah Dirawat 5 Ciri Petshop Penitipan Anjing dan Kucing Berkualitas

Cara Mencegah Obesitas pada Anak

Setelah mengetahui penyebab obesitas pada anak, berikut cara mencegah obesitas pada anak. Pertama, terapkan gaya hidup sehat dalam keluarga. Kedua, lakukan pemeriksaan secara rutin ketika anak mulai mengalami berat badan berlebih. Ketiga, ajarkan anak untuk memiliki waktu tidur yang cukup, Keempat, hindari konsumsi camilan maupun makanan cepat saji yang mengandung gula, natrium dan kalori tinggi. Kelima, jangan terlalu memaksakan anak untuk menghabiskan makanan jika sudah merasakan kenyang.

Tentunya, dalam mencegah terjadinya obesitas pada anak. Peran orang tua menjadi sangat penting dan berpengaruh. Kesehatan anak perlu menjadi perhatian bersama untuk menghindari gangguan kesehatan di kemudian hari. Jika mengalami berbagai keluhan lanjutan terkait obesitas. Jangan ragu untuk segera hubungi pusat kesehatan terdekat, ya. Selamat mencoba dan salam sehat! (*)

0 Komentar