Sampah dan Eceng Gondok di Sungai Bremi Menumpuk, TNI Kodim Pekalongan bersama Warga Gotong Royong Membersihkan

Eceng gondok di sungai bremi
Anggota TNI Kodim 0710/Pekalongan bersama warga bersihkan sampah dan eceng gondok di Sungai Bremi, Jumat (24/2/2023). (Wahyu Hidayat/Radar Pekalongan)
0 Komentar

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.ID – TNI Kodim 0710/Pekalongan bersama warga membersihkan sampah dan eceng gondok di Sungai Bremi, Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Jumat (24/2/2023).

Selain akibat hujan lebat semalaman, sampah dan eceng gondok di Sungai Bremi yang menumpuk ikut berperan menyebabkan limpasnya air dari sungai sehingga permukiman menyebabkan banjir.

TNI Kodim Pekalongan bersama warga membersihkan sampah dan eceng gondok di Sungai Bremi, Jumat (24/2/2023). (Foto/Pendim)

Baca Juga:AKBP Wahyu Rohadi: Sinergitas Polres Pekalongan Kota dengan Awak Media Terjalin dari HatiHujan Semalaman Kembali Sebabkan Kota Pekalongan Banjir, Ini Update Data Terkini dari BPBD

Dalam bersih-bersih sampah dan eceng gondok di Sungai Bremi ini, prajurit TNI Kodim Pekalongan bersama warga RT 02/RW 01 Kelurahan Tirto, BPBD Kota Pekalongan, serta pihak kelurahan dan kecamatan setempat membagi beberapa kelompok. Ada kelompok yang membersihkan sampah dan eceng gondok dari tepi sungai, ada pula yang membersihkan dari tengah sungai menggunakan perahu.

Dikatakan Danramil 01/Pekalongan Barat Kapten Inf Abdul Mutholib, aliran sungai Bremi merupakan salah satu pembuangan air utama di Kecamatan Tirto. Oleh karena itu dirinya berupaya mengajak semua masyarakat sekitar aliran sungai Bremi untuk melaksanakan pembersihan tumpukan sampah dan eceng gondok yang menghambat aliran air agar aliran air menjadi lancar.

“Kita kerahkan personel TNI, BPBD, Kecamatan dan Kelurahan Tirto serta masyarakat semuanya untuk mengangkat sampah dan eceng gondok. Dan saat ini kita lihat aliran air sudah mulai lancar,” ungkap Danramil Abdul Mutholib, ditemui di lokasi kerja bakti.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat terutama yang dekat dengan aliran sungai Bremi agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Diharapkan dengan dibersihkannya sampah dan eceng gondok di Sungai Bremi ini semoga banjir yang sempat melanda cepat surut dan tidak kebanjiran lagi”, imbuhnya.

Sementara itu Lurah Tirto Nur Imaniyah mengungapkan, terjadinya banjir yang sempat melanda hampir seluruh wilayah Kelurahan Tirto karena adanya sampah dan eceng gondok yang menyumbat aliran sungai Bremi. Hal ini kemudian disikapi TNI, BPBD, dan warga gotong royong bakti membersihkan sampah dan eceng gondok agar air dapat mengalir seperti semula.

“Alhamdulillah, terima kasih Pak Danramil dan BPBD sudah mengerahkan pasukannya yang membantu warga kami dalam kerja bakti pembersihan sampah dan eceng gondok di Sungai Bremi sehingga aliran sungai menjadi lancar,” pungkasnya. (way)

0 Komentar