Mengenal Kepribadian Introvert: 5 Ciri dan Bagaimana Cara Mengatasinya

kepribadian introvert
Ilustrasi epribadian Introvert (foto/stock.adobe.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Kepribadian introvert merupakan kebiasaan seseorang yang lebih suka menyendiri atau bersama orang lain dengan lingkup kecil dari pada berada dalam keramaian.

Pada dunia luar terlebih dunia kerja, tentu hal ini merupakan suatu keadaan yang sulit bagi seorang introvert. Karena orang dengan kepribadian introvert akan sulit beradaptasi dan berkomunikasi dengan orang lain.

Jika tidak segera diatasi maka akan menjadi suatu masalah bagi seorang introvert.

Baca Juga:5 Tips Memilih Kursi Kereta dan Tipe Kelas KeretaSeni Musik Kenthongan, Musik Tradisional dari Banyumasan yang Terus Bertahan

Berikut ciri-ciri seseorang memiliki kepribadian introvert:

  1. Waktu luang lebih banyak sendiriLebih banyak menghabiskan waktu luang di rumah dari pada berpergian atau bertemu dengan banyak orang. Momen tersebut merupakan hal paling menyenangkan bagi introvert, karena dapat beristirahat dan melakukan kegiatan yang disenangi.
  1. Menyukai bekerja secara individuOrang yang cenderung introvert lebih nyaman untuk mengerjakan sesuatu secara individu. Hal ini dikarenakan orang introvert biasanya enggan untuk menyampaikan pendapatnya kepada orang lain atau rekan setimnya.
  2. Dalam berkonsentrasi perlu suasana tenangKetika mengerjakan sesuatu orang introvert akan menyendiri untuk mencari ketenangan agar mendapatkan ide. Jika terlalu banyak orang, maka introvert tidak dapat memikirkan apapun karena merasa tertekan.
  3. Sulit mengekspresikan diriSulit mengekspresikan emosi dan perasaan. Orang lain tidak dapat menebak isi kepala introvert. Hal ini membuat introvert hanya diam saja ketika ada sesuatu tanpa mengutarakan apa yang di rasakan kepada orang lain.
  4. Berorientasi kepada pikiran sendiriOrang introvert lebih menyukai memikirkan sesuatu ide di benak mereka sendiri. Oleh karena itu orang introvert cenderung lebih suka menulis, membaca dan meneliti.

Jangan khawatir jika ciri-ciri di atas terdapat dalam diri kamu. Karena kondisi yang dirasakan seorang introvert dapat diatasi dengan berbagai cara. Mengutip dari ners.unnair.ac.id cara mengatasi kondisi-kondisi yang dialami introvert:

Melakukan interaksi sederhanaBertegur sapa dengan orang lain. Berkomunikasi dengan beberapa orang menggunakan kontak mata dan gestur yang baik. Dengan melakukan interasksi sederhana ini dapat melatih introvert untuk bersosialisasi dengan lingkungannya.

0 Komentar