Lakukan Ini untuk Atasi Anak dari Bullying di Sekolah, Orang Tua Wajib Tahu!

bullying di sekolah
Atasi anak dari bullying di sekolah. (Unsplash.com)
0 Komentar

Ajak Anak Beraktivitas

Hal yang perlu dilakukan untuk atasi anak dari perundungan di sekolah yang ketiga yaitu mengajak anak beraktivitas. Hal ini sangat baik bagi tumbuh kembang anak. Sebab, membantu dirinya untuk mengembangkan minat serta bakat yang dimilikinya. Kemudian, kamu juga bisa untuk menjauhkan dirinya dari penggunaan gadget yang berlebihan. 

Ketika anak menjadi sibuk untuk menjalani aktivitas serta menggali kemampuan dirinya. Anak cenderung akan lebih mudah melupakan perundungan yang diterimanya. Selain itu, dirinya akan lebih merasa bahagia ketika mampu mengeksplorasi kemampuannya. Ia juga akan kembali merasa aman dan tenang ketika bertemu teman baru yang memiliki minat serta bakat yang sama. 

Kamu juga bisa memasukkan anak untuk berlatih bela diri. Hal ini sangat baik untuk membantunya dalam melindungi diri sendiri dari berbagai perlakuan buruk atau perundungan secara fisik. Selain itu, anak juga lebih waspada terhadap tanda-tanda perundungan yang ada disekitarnya.

Baca Juga:5 Jenis Makanan Sehat Pencegah Anemia pada Ibu Hamil, Wajib Coba!Belum Terlambat, Ini 5 Amalan Bulan Sya’ban yang Bisa Kamu Lakukan

Bantu Anak Tumbuhkan Rasa Percaya Diri

Bagi anak yang tengah mengalami perlakuan buruk tentu rasa percaya diri akan memudar. Oleh karena itu, hal yang perlu dilakukan untuk atasi anak dari perundungan di sekolah selanjutnya yaitu membantu tumbuhkan rasa percaya diri. Sehingga, pada masa ini anak tidak merasa sendirian dan memendam kesedihan sendirian. 

Mulailah dengan mendukung dan memberi semangat kepada hal-hal baik yang dilakukan anak. Pujilah setiap pencapaian kecil yang telah dilakukan oleh sang anak. Anak pun akan merasa posisi orang tua sebagai teman yang setia pada dirinya dan ia akan merasa percaya diri kembali. 

Konsultasikan dengan Ahli 

Apabila sang buah hati telah mengalami bullying di sekolah yang dinilai parah dan dalam jangka waktu yang panjang. Maka, kamu perlu melakukan konsultasi dengan ahli. Misalnya dimulai dari guru, kepala sekolah, psikolog hingga pihak yang berwenang. Tahapan ini akan membantumu untuk menjaga sang buah hati dari berbagai perundungan. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui apa saja penyebab atau faktor yang membuat terjadinya perundungan terhadap sang buah hati.

0 Komentar