3 Tanda Ban Perlu Balancing, Bahan Bakar Cepat Habis dan Permukaan Ban Tidak Rata

Ban Perlu Balancing
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Ban perlu Balancing karena biasanya Pemilik dan pengendara mobil mungkin pernah merasakan mobil yang mengalami getaran berlebih saat dikendarai dengan kecepatan tinggi, terutama ketika berada di jalan tol.

Jika hal ini terjadi, saatnya Anda memperhatikan kendaraan Anda lebih baik, karena kondisi tersebut menandakan bahwa salah satu ban mobil sudah tidak stabil dan memerlukan balancing.

Balancing adalah sebuah proses penyeimbangan antara titik atas dan bawah, serta kanan dan kiri ban kendaraan dengan menambahkan bobot agar menjadi lebih seimbang.

Baca Juga:4 Rekomendasi Game VR Terbaik dengan Grafis Realistis dan Interaktif10 Obat Batuk Paling Ampuh dan Bisa Diandalkan

Ada beberapa faktor yang menyebabkan ban kehilangan kestabilan, pada faktor internal misalnya karena ada masalah pada sistem suspensi akibat tidak meratanya distribusi beban pada keempat ban.

Sementara faktor eksternal dipicu oleh kebiasaan menyetir yang kurang baik, seperti pengereman mendadak, yang mengakibatkan ban menjadi tidak seimbang.

“Kami senantiasa mengingatkan pelanggan kami untuk melakukan pengecekan kendaraan rutin agar dapat mendeteksi kondisi kendaraan yang sudah membutuhkan perawatan, termasuk ban. Seringkali, kondisi tersebut sulit teridentifikasi jika hanya diperiksa dari luar. Balancing juga dapat memperpanjang usia ban sekaligus menghemat ongkos pemilik kendaraan,” ujar National Sales Manager PT. Hankook Tire Sales Indonesia Apriyanto Yuwono.

Berikut tanda-tanda ban perlu balancing:

  1. Mobil Tidak Nyaman Saat Dikendarai

Mobil kerap berbelok sendiri ke arah kanan atau kiri, terutama saat sedang menyetir lurus di kecepatan 50 km/jam.

Atau saat mobil sedang diparkir, salah satu bannya berbelok sendiri ke arah kanan atau kiri.

Ban yang sudah tidak stabil juga dapat kehilangan sebagian traksinya, yang dapat mengakibatkan munculnya beberapa spot wear di permukaan ban, hingga mengganggu komponen suspensi.

  1. Bahan Bakar Cepat Habis

Mobil kerap kehabisan bahan bakar secara tiba-tiba, bahkan setelah dilakukan pengisian.

Baca Juga:19 HP Samsung Terbaik dari Kelas Entri Hingga Flagship3 Cara Menggambar Alis Natural dan Bahan yang Digunakan

Hal ini terjadi karena ban kehilangan sebagian dari kemampuan traksi, sehingga mesin harus menggunakan lebih banyak tenaga untuk menggerakkan mobil.

“Biasanya mobil juga kerap mengeluarkan suara mendesis seiring dengan meningkatnya kecepatan,” ujar Apri.

  1. Permukaan Ban Tidak Merata
0 Komentar