5 Tips Bikin Judul Skripsi Anti Ribet

Tips bikin judul skripsi
Ilustrasi menulis skripsi foto by: Ranah Research
0 Komentar

3. Baca Referensi Sebanyak Mungkin

Setelah kamu tahu apa yang menjadi minat dan perhatianmu, bacalah referensi darimana saja untuk menunjang judul skripsi. Baik dari buku, jurnal ilmiah, majalah atau pemberitaan media massa terpercaya.

Alasannya sepela sih, biar kalau dosen pembimbing kamu rese nanya mulu soal referensi judul skripsi, kamu bisa jawab dengan gamblang. Sudah begitu kamu jawabnya ngga asal keluar dari mulut tapi pakai data.

Membaca referensi banyak judul skripsi khususnya, akan memperkaya wawasan. Jika kamu tidak melakukan ini, ya sudah judul skripsi kamu akan mentah saja.

Baca Juga:Kamu Sedang Toxic pada Diri Sendiri? Kenali 5 Tanda Berikut IniHP Xiaomi 13 Pro Siap Manjakan Kamu yang Hobi Fotografi dengan Fitur Kamera Canggih

4. Otak-atik Bikin Judul Skripsi

Kamu Setelah kamu cukup mengisi kepala dengan berbagai referensi, coba kamu bikin beberapa judul skripsi.

Kaitkan pengetahuan antara yang ada dalam pengalamanmu belajar di perkuliahan dan masalah yang ada di masyarakat.

Apa yang salah dari fenomena masyarakat dengan teori-teori yang kamu pelajari selama ini.

Nah kayak milih pacar, cukup salah satu aja biar kamu nggak bingung bikin judul skripsinya. Ingat ya kalau kamu harus bikin judul skripsi yang fokus.

Artinya kamu harus fokus pada salah satu obyek saja. Boleh kamu bikin judul skripsi yang beda banget sama penelitian sebelumnya.

5. Unik Tapi Berdampak

Gini ya, banyak yang curhat sama aku kenapa judul skripsi udah bolak-balik ke kampus tapi nggak juga di-acc. Alasannya klise banget. Judul skripsi yang diajukan ternyata cuma meniru penelitian sebelumnya.

Bahasa kasarnya dosen ogah memberi acc judul kalau penelitian itu hanya mengulang dari penelitian sebelumnya. Inilah kenapa kalau judul skripsi harus unik tapi sekaligus berdampak.

Baca Juga:Mengenal Habib Ahmad Sapuro Pekalongan, Ini 4 Fase Perjalanan Dakwahnya yang MenyentuhIni Daftar Spesifikasi dan Harga HP Samsung Galaxy Series Paling Murah Tahun 2023

Sebagai mahasiswa perguruan tinggi, sudah menjadi tanggung jawab sosial untuk menyelesaikan masalah yang ada. Percuma kuliah empat tahun tapi masih plonga-plongo dengan bikin penelitian skripsi yang sama sekali nggak menjawab permasalahan di masyarakat.

Judul skripsi yang unik dan berdampak langsung pada masyarakat, akan membuat dosen tertarik untuk membaca. Pertama karena berbeda dari sebelumnya. Kedua ada permasalahan serius terkait judul skripsi yang kamu angkat.

Bagaimana apakah kamu sudah bisa memahami? Sekarang silahkan kamu mencobanya yaa. Nggak perlu repot-repot lagi ya bikin judul skripsi. (*)

0 Komentar