5 Tips Menyusun Latar Belakang Masalah pada Skripsi yang Harus Kamu Perhatikan

Latar belakang masalah pada skripsi
Bikin latar belakang masalah pada skripsi (foto by:Zonq Mahasiswa
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Kalau kamu bingung bagaimana memulai menulis skripsi, dari mana memulainya, tips berikut ini mungkin penting diperhatikan. Yang jelas, yang pertama-tama harus dihadapi adalah bagaimana menyusun latar belakang masalah pada skripsi, karena ini akan menentukan seluruh struktur bangunan dari karya skripsi yang akan kamu buat.

Latar belakang masalah adalah awal dari langkah-langkah membuat penelitian skripsi. Kalau kamu kacau disini, sudah dipastikan bakalan lebih kacau lagi kedepannya.

Bisa-bisa skripsi kamu buat tidak sesuai dengan judul yang kamu buat. Kamu sudah belajar di tulisan sebelumnya tentang membuat judul skripsi yang bisa langsung di-acc dosen.

Baca Juga:5 Tips Bikin Judul Skripsi Anti RibetKamu Sedang Toxic pada Diri Sendiri? Kenali 5 Tanda Berikut Ini

Just sharing saja ya, penulis juga pernah mengalami pening kepala mau pecah ketika harus mau mulai seperti apa latar belakang masalah penelitian skripsi. Tapi jangan khawatir kamu pasti bisa kalau mau melakukan beberapa hal ini.

1. Latar Belakang Masalah Harus To the Point

Beda yaa dengan pendekatan sama Doi yang kebanyakan harus basa-basi dulu. Dalam menulis skripsi khususnya latar belakang masalah, kamu harus to the point.

Kamu harus langsung ke inti masalahnya apa. Tentu saja disesuaikan dengan obyek penelitian yang kamu buat. Misal, “Sanksi Perusahaan Menunda Gaji Karyawan Selama Berbulan-bulan dalam Pandangan Hukum Islam”.

Ya di latar belakang kamu harus jelaskan masalah yang sedang terjadi. Nggak perlu bahas definisi perusahaan, karyawan, gaji dan tetek bengek lainnya.

Karena di latar belakang masalah pada skripsi, hanya mengutarakan masalah apa yang mau diangkat. Selebihnya, yuk lanjut lagi bacanya.

2. Latar Belakang Masalah Harus Sesuai Fakta

Kamu nggak boleh mengarang kejadian dalam menulis skripsi. Latar belakang masalah pada skripsi akan kuat jika memang sesuai dengan yang sedang terjadi.

Jangan coba-coba mengarang cerita karena ini bukan dalam konteks membuat cerpen yaa. Latar belakang masalah pada skripsi nggak bisa disamakan dalam menulis cerita fiksi.

Baca Juga:HP Xiaomi 13 Pro Siap Manjakan Kamu yang Hobi Fotografi dengan Fitur Kamera CanggihMengenal Habib Ahmad Sapuro Pekalongan, Ini 4 Fase Perjalanan Dakwahnya yang Menyentuh

Kalau kamu nekat bikin skripsi dengan latar belakang fiksi, bisa-bisa dimarahi bapak atau ibu dosen. Namanya juga karya ilmiah, kamu harus punya dasar permasalahan yang sesuai fakta.

0 Komentar