5 Tips Menyusun Latar Belakang Masalah pada Skripsi yang Harus Kamu Perhatikan

Latar belakang masalah pada skripsi
Bikin latar belakang masalah pada skripsi (foto by:Zonq Mahasiswa
0 Komentar

Nah fakta itu jadi penguat dalam latar belakang masalah pada skripsi. Fakta diibaratkan sebagai pondasi dalam membuat skripsi.

3. Latar Belakang Masalah Harus Disertai Data

Selanjutnya jika sudah punya fakta yang nggak bisa dibantah, mengumpulkan data jadi penting. Data jadi pendukung dalam latar belakang masalah penelitian skripsi kamu.

Data bisa dari jumlah gaji karyawan yang ditunda sekian bulan. Bisa juga dari jumlah pendapatan perusahaan yang membuat gaji karyawan tertunda.

Baca Juga:5 Tips Bikin Judul Skripsi Anti RibetKamu Sedang Toxic pada Diri Sendiri? Kenali 5 Tanda Berikut Ini

Sudah berapa kali perusahaan melakukan penundaan pembayaran gaji karyawan. Semua harus ada dalam latar belakang masalah pada skripsi biar kamu bisa menjelaskan kepada dosen.

4. Latar Belakang Masalah Harus Runut

Kamu tahu tidak kalau banyak mahasiswa yang nggak bisa nulis skripsi? Bukan aku yang ngomong lho, tapi dosen.

Pernah rekan sidang proposal skripsi dikritik habis-habisan sama dosen penguji. Ternyata gara-gara mengatur kalimat per kalimat tidak runut.

Logika kepenulisannya kacau dalam menulis latar belakang masalah pada skripsi. Dosen penguji bingung karena ide paragraf loncat-loncat tidak jelas.

Ingat ya, kamu sudah empat tahun kuliah dan terbiasa membuat makalah. Menulis latar belakang masalah pada skripsi ya harus bisa dinikmati oleh pembaca.

Kalau logika berpikir menulis kacau, bagaimana dosen pembimbing kamu mau ACC, lha wong nggak jelas gitu. Tulislah semua ide latar belakang masalah pada skripsi secara runut.

5. Latar Belakang Masalah Harus Fokus

Terakhir kamu harus bikin latar belakang masalah pada skripsi tidak boleh keluar dari judul skripsi yang sudah ditentukan. Jangan sampai keluar dari permasalahan di judul skripsi.

Baca Juga:HP Xiaomi 13 Pro Siap Manjakan Kamu yang Hobi Fotografi dengan Fitur Kamera CanggihMengenal Habib Ahmad Sapuro Pekalongan, Ini 4 Fase Perjalanan Dakwahnya yang Menyentuh

Fokus atau tidaknya sebuah latar belakang masalah pada skripsi dinilai dari seperti rumusan masalah yang diajukan.

Misal kayak tadi “Sanksi Perusahaan Menunda Gaji Karyawan Selama Berbulan-bulan dalam Pandangan Hukum Islam”.

Makanya setidaknya rumusan masalahnya jangan berbeda jauh dari obyek penelitian.

Kamu bisa ajukan rumusan masalah: “Mengapa Perusahaan Menunda Pembayaran Gaji Karyawan?” Atau bisa saja, “Bagaimana Pandangan Hukum Islam Menilai Penundaan Pembayaran Gaji?”.

Nah, begitu tadi ulasan singkat tentang bagaimana menyusun latar belakang masalah pada skripsi berdasarkan pengalaman penulis sendiri. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu kalian yang lagi migrain menghadapi beratnya ujian membuat dan menyelesaikan skripsi. Semangat! (*)

0 Komentar