Begini 8 Cara Merawat Mesin Honda BeAT yang Benar Biar Performa Mesin Tetap Optimal

cara merawat mesin Honda BeAT
Rawat mesin motor matik Honda BeAT kamu supaya tetap dalam kondisi prima! (© Astra Honda Motor)
0 Komentar

3. Rutin ganti oli

Disaranakan kamu ganti oli gardan motor kamu setelah 1000km perjalananan. Jika lebih dari itu sebenarnya tidak masalah, hanya saja jangan melewati batas 5000km.

Jika kamu tidak ingat acuan kilometer yang sudah kamu lewati, kamu bisa rutin ganti oli kamu setiap 2 hingga 3 bulan sekali. Oli yang digunkaan pun harus sesuai dengan kebutuhan mesin motor kamu. Tidak semua jenis oli cocok untuk spesifikasi mesin tertentu.

4. Pilih bahan bakar yang tepat

Meski sama-sama menggunakan bensin, tapi bensin juga memiliki oktan yang berbeda. Untuk Honda BeAT 2023 terbaru dengan rasio kompresi mesin yang sudah 10:1, kamu disarankan menggunakan BBM degan oktan 90 seperti Pertalite. Bahan bakar dengan oktan yang lebih rendah dari itu akan berpengaruh buruk terhadap mesin.

Penggunaan bahan bakar ini biasanya terdapat di buku panduan kendaraan.

Baca Juga:5 Cara Membuat Introvert Nyaman dengan Kita: Langkah Membuka Hati Si PenyendiriKenali Perbedaan 4 Varian Honda Scoopy Terbaru: Sporty, Stylish, Fashion, dan Prestige

5. Cek kondisi v belt dan roler

Cara merawat mesin Honda BeAT selanjutnya adalah dengan rutin memeriksa kondisi v belt dan roler. Kedua hal ini sangat krusial untuk optimasi mesin motor kamu. Karena jika v belt yang terbuat dari karet putus di tengah jalan, motor kamu tidak akan bisa ke mana-mana tanpa di tuntun ke bengkel terdekat.

Untuk itu, kmau bisa menggunakan susku cadang original dari Honda untuk bisa mengantisipasi kejadian ini terjadi.

6. Perawatan AKI

Agak sulit untuk melihat kondisi AKI pada motor matik. Dan gejala yang terjadi jika AKI motor kamu bermasalah biasanya bisa dilihat dari lampu yang redup, sulit menyalakan mesin dengan satrter elektrik, sehingga kamu harus selalu menyalakan mesin dengan kick starter. AKI juga bisa cepat rusak jika kamu jarang meggunakan motor kamu.

Untuk mengindari hal itu terjadi, kamu bisa periksakan AKI motor matik Honda BeAT kamu setidaknya 6 atau 7 bulan sekali.

7. Stabilkan gas saat berkendara

Sebagai pengguna motor matik, kita pasti pernas dengan tiba-tiba menaikkan kecepatan motor dengan manarik tuas gas dalam-dalam, atau sebaliknya. Sebaiknya hal ini dihindari. Karena hal ini akan membuat mesin cepat rusak.

0 Komentar