Kenalan dengan Mesin eSP di Sepeda Motor Honda, Spesifikasi Terbaru 2023

perbandingan performa Honda BeAT dengan Scoopy
0 Komentar

4. Compact Combustion Chamber

Pada mesin eSP di sepeda motor Honda sebelumnya, ada sudut yang membuat aliran kabut bahan bahan bakar terhambat. Di mesin yang baru ini, hambatan itu dihilangkan dan memberikan kelancaran pada alur bahan bakar.

5. Offset Cylinder dan Spiny Sleeves

Pada awal tahun 2000-an, silinder offset pertama kali digunakan pada Honda Kharisma untuk meminimalkan gesekan. Dan pada mesin eSP di sepeda motor Honda digunakan teknologi Spiny Sleeves, khusus pada inner cylinder atau di dalam silinder (combustion chamber), dengan desain menyerupai kulit jeruk (spiny) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pendinginan, kemudian mengurangi distorsi lubang silinder, dan selongsong yang lebih tipis dan bisa mengurangi berat.

6. Light Weight Piston dan Crankshaft

Mesin eSP di sepeda motor Honda memiliki piston yang lebih ringan, dengan pin piston yang lebih pendek. Hal ini mengurangi bobot dari piston. Crankshaft pada mesin eSP juga lebih compact dan kuat.

Baca Juga:Begini 8 Cara Merawat Mesin Honda BeAT yang Benar Biar Performa Mesin Tetap Optimal5 Cara Membuat Introvert Nyaman dengan Kita: Langkah Membuka Hati Si Penyendiri

7. Breather Passage

Kita sebagai orang awam tentu selalu menemukan pipa kecil untuk sirkulasi udara atau yang lebih dikenal dengan lubang pernafasan pada sepeda motor atau sport yang letaknya di bagian atas mesin, meskipun pada mesin skutik fitur tidak ada.

Sistem Breather, yang merupakan saluran pernapasan ekstra di sisi kiri mesin yang memungkinkan udara masuk dan keluar antara bak mesin dan kepala silinder lalu membuangnya melalui lubang di bagian depan mesin dan kembali ke filter udara, adalah jawaban dari teknologi mesin eSP di sepeda motor Honda ini.

8. Built-in Liquid Cooling System

Sistem pendingin udara mesin eSP disebut lebih unggul. Saluran air kini terletak tidak hanya di kepala silinder tetapi juga di belakang dinding silinder.

Untuk meningkatkan efisiensi pendinginan, mesin eSP di sepeda motor Honda dilengkapi rusuk berbentuk U yang mengelilingi saluran masuk pendingin, dan tutup radiator sedikit miring ke depan untuk membelokkan udara, menurunkan loss friction hingga 30% dan membuat kipas radiator lebih kecil.

9. V-Matic

Mesin eSP di sepeda motor Honda menggunakan model V-belt roda gigi ganda. Matic tradisional memiliki permukaan V-belt yang halus dengan bagian bawah bergerigi, tetapi model gigi ganda memiliki permukaan atas/luar dan dalam bergerigi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan elastisitas karet sekaligus meningkatkan efisiensi transmisi dari kecepatan putaran rendah ke tinggi.

0 Komentar