5 Tips Belajar Efektif dan Tidak Membosankan

Tips Belajar Efektif
ilustrasi belajar efektif (Foto/Pinterest.com/@Lala)
0 Komentar

Misalnya di kamar, maupun di ruang tamu. Pastikan tempatnya dalam keadaan bersih dan memiliki udara yang baik dan juga memiliki pencahayaan yang baik.

Menentukan Waktu Belajar

Tentukan waktu belajar sebelum memulai. Menentukan waktu belajar dan durasinya penting untuk menjadikan belajar lebih efektif. Misalnya 2 jam dalam sehari dan jangan terlalu lama sebab bisa menjadikan kita cepat bosan sehingga belajar tidak efektif.

Dengan menentukan waktu belajar menjadikan otak dan tubuh kita menjadi lebih siap untuk proses belajar, sehingga materi yang akan kita pelajari lebih mudah kita pahami nantinya.

Baca Juga:Daftar 5 HP Redmi Terbaru Lengkap dengan SpesifikasinyaWisata Religi, GP Ansor Ranting Kalijambe Ziarahi 7 Makam di Jawa Madura

Menciptakan Metode Belajar

Kita juga harus menciptakan metode belajar yang tepat. Tentunya yang bisa menentukan metode ini diri kita sendiri, sebab setiap orang memiliki metodenya masing-masing.

Sebab ada yang belajar harus dengan mendengarkan musik, ada yang harus jauh dari suara, ada yang harus belajar sendiri, ada juga yang harus belajar secara berkelompok. Tinggal tentukan saja metode mana yang sesuai dengan diri kamu.

Caranya dengan mencoba berbagai macam metode di atas dan kamu tinjau kembali mana metode yang paling tepat buat kamu belajar.

Olahraga Rutin

Tips belajar efektif dan tidak membosankan yang terakhir adalah olahraga rutin. Ini bertujuan agar tubuh kita menjadi segar dan sehat sehingga berpengaruh juga untuk proses belajar yang lebih efektif.

Dengan kondisi tubuh yang sehat dan segar, otak kita juga bekerja lebih maksimal. Ini menjadikan kita lebih fokus dalam belajar dan mampu menerima serta memahami berbagai materi yang akan kita pelajari.

Namun perlu diingat olahraga secukupnya saja jangan sampai setelah olahraga bukannya merasa badan segar dan sehat malah menjadikan badan kita lebih capek sehingga menjadikan kita untuk bermalas-malasan dalam proses belajar.

Itulah beberapa tips belajar efektif dan bisa diterapkan dengan mudah. Tetapi, mungkin masing-masing orang juga memiliki tips belajar efektif yang berbeda-beda tergantung karakter pribadi setiap orang.(*)

0 Komentar