Kuliner Jadul di Pedesaan, Ini Dia Rahasia 7 Manfaat Keong Sawah Untuk Kesehatan

manfaat keong sawah untuk kesehatan
Keong Sawah Kaya Manfaat untuk Kesehatan (halodoc.com)
0 Komentar

  1. Alergi

Tidak semua orang akan cocok mengonsumsi keong sawah. Kandungan nutrisi dalam keong sawah tidak semuanya ramah terhadap tubuh. Konsumsi keong sawah secara berlebih dapat menyebabkan munculnya reaksi alergi.

Biasanya gejala alergi yang muncul antara lain gatal pada kulit. Untuk mengatasi alergi ini, minumlah obat khusus alergi sesuai anjuran dari dokter. Selain itu, usahakan makan keong sawah dalam porsi yang sewajarnya. Perhatikan juga apakah ada reaksi alergi yang muncul setelah Anda mengonsumsi keong sawah ini.

  1. Schistosimiasis

Penyakit Schistosimiasis adalah jenis penyakit yang diakibatkan karena cacing schistosimiasis. Jika cacing ini sampai berkembang biak di dalam saluran pencernaan manusia, dapat mengakibatkan masalah serius seperti luka dan infeksi pada dinding usus.

Baca Juga:Bejat, Toyib Setubuhi Bocah 5 Tahun Anak Teman Kerjanya SendiriJelang Pemilu 2024, TNI-Polri di Kabupaten Pekalongan Kian Solid Banget

Ketika hal ini terjadi, biasanya penikmat keong sawah itu akan mengalami diare. Jika tidak segera ditangani, cacing dapat menyebar ke hati hingga akan muncul ciri-ciri cacingan seperti fungsi hati menjadi terganggu.

Untuk menghilangkan cacing pada daging keong sawah, Anda dapat menggunakan air garam untuk merendamnya beberapa saat sebelum dimasak. Proses memasak keong sawah juga harus sampai matang.

Pilihan untuk mengonsumsi keong sawah adalah keputusan setiap individu. Bijaklah dalam mengambil keputusan, apakah keong sawah sekiranya bermanfaat atau justru merugikan kesehatan Anda. Jika Anda memilih untuk mengonsumsi keong sawah, perhatikanlah cara memasaknya.

Cara memasak keong sawah yang salah justru akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Pastikan bahwa keong sawah benar-benar bersih dari lumpur yang menempel untuk menghindarkan adanya cacing yang masih berada di keong sawah. Dengan begitu manfaat keong sawah untuk kesehatan akan terasa di tubuh.

Cara Mengolah Keong Sawah

Makan keong sawah bisa melengkapi kebutuhan makanan bergizi seimbang. Tak heran, manfaat keong sawah untuk kesehatan begitu banyak. Tutut juga aman dikonsumsi siapa pun asalkan pengolahannya tepat.

Cara memasak yang tepat juga membantu Anda mendapatkan berbagai manfaat keong sawah untuk kesehatan yang telah disebutkan. Percuma bila mengolahnya dengan tambahan santan dan garam berlebih.

Berikut ini beberapa cara mengolah keong sawah yang benar, agar manfaat keong sawah untuk kesehatan bisa tercapai.

0 Komentar