RADARPEKALONGAN.ID – Generasi Z atau Gen Z dan Milenial adalah generasi yang gemar belanja di TikTok Shop. Hal ini dilatarbelakangi oleh sejumlah faktor.
Sebagaimana diketahui, berbelanja online sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang di era digital, karena selain mudah dan praktis, juga dianggap lebih murah dan memiliki lebih banyak pilihan.
Menurut survei Alvara Research Center yang dilansir oleh dataindonesia.id pada Minggu (05/03/2023), Generasi Z dan Milenial lebih sering berbelanja pakaian secara online atau daring, dengan sebanyak 56% generasi Z dan 43% generasi Milenial yang rutin berbelanja pakaian di e-commerce.
Baca Juga:4 Rekomendasi Lagu Penambah Semangat Hidup, Wajib Ada di Song Playlist muMau Wawancara Kerja? Berikut 3 Tips Supaya Kamu Cepat Diterima Kerja
Lebih Mementingkan Faktor Emosional Dibanding Fungsional
Gen Z dan Milenial lebih menyukai belanja pakaian secara daring karena mayoritas dari mereka belum berumah tangga, sehingga keinginan untuk membeli barang-barang rumah tangga lebih sedikit daripada generasi sebelumnya.
Selain itu, mereka lebih mementingkan faktor emosional daripada fungsional ketika berbelanja secara online.
Generasi Z dan Milenial Akrab dengan Aplikasi TikTok
Saat ini, fitur TikTok shop dari aplikasi TikTok menjadi salah satu marketplace yang sangat digemari oleh semua generasi, termasuk generasi Z dan Milenial.
Pelanggan dapat membeli produk dengan sangat mudah, karena semua proses belanja atau pembelian dapat diselesaikan di TikTok tanpa harus dibawa ke situs tertentu.
TikTok terbukti mampu membawa pengalaman berbelanja yang berbeda dengan aplikasi e-commerce lainnya, membuat semuanya menjadi serba kreatif dan mudah bagi pembuat konten yang ingin menjualkan produk mereka.
Pada aplikasi TikTok, fitur belanja berarti pembuat konten dapat menambahkan tab toko ke dalam profil mereka, kemudian akan disinkronkan dan menampilkan semua produk yang ditawarkan atau dijual pada situs web toko mereka.
TikTok mengubah semuanya menjadi serba kreatif dan mudah bagi pembuat konten yang ingin menjualkan produk mereka ataupun dalam memberikan pelayanan. Serta dapat membawa pembeli merasa puas akan fitur-fitur TikTok Shop.
Baca Juga:Inspirasi Pandawara Group, Anak-anak Muda yang Memilih Beraksi Ketimbang Memaki SampahKedai Omah Susu Indah, Hidden Gem Wisata di Pekalongan yang Wajib Dicoba
Dapat Mengetahui Produk dengan Lebih Detail
Menurut teraskaltim pada Senin (06/03/2023), 88% pembeli membeli suatu produk setelah menonton video mengenai produk dari penjual atau konten creator yang mengiklankannya. Sebanyak 96% pembeli yang telah menonton video untuk mengetahui informasi lebih detail dan mendalam tentang merek atau barang tertentu.