Film Tulang Belulang Tulang Segera Diproduksi

Film Tulang Belulang Tulang Segera Diproduksi
Konferensi Pers “Tulang Belulang Tulang”, yang terpilih dari Program Indonesiana Film yang difasilitasi Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). (Foto BKS HM Sekjend Kemdikbudristek)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Film berjudul “Tulang Belulang Tulang”, berhasil menarik investor Adhya Pictures dan akan segera diproduksi.

Film ini terpilih dari Program Indonesiana Film yang difasilitasi Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

“Kita sangat mendukung dan bangga dengan rencana produksi film ini. Saat ini, isu dan nilai kearifan lokal menjadi daya tarik yang tidak habisnya untuk diangkat menjadi sebuah film,” jelas Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid di Jakarta, Rabu (8/3) dilansir dari Kemdikbudristek.

Baca Juga:Inilah 4 Rahasia Menurunkan Berat Badan Tanpa OlahragaLancelot Tank Aneh? Ini Penemuan Genius

Menurutnya, kekhasan dan kedekatan terhadap nilai-nilai yang hidup di masyarakat membuat film menjadi lebih berwarna, menarik, dan memberikan pengalaman yang unik bagi penonton.

Tulang Belulang Tulang merupakan hasil inkubasi Indonesiana film 2021 yang diselenggarakan Kemendikbudristek, Untuk mendukung inisiatif masyarakat di bidang perfilman.

Terlebih menurut Hilmar, Indonesiana Film dimulai dengan program lokakarya untuk mengembangkan kapasitas penulisan skenario dan produksi film bagi para produser, penulis skenario, dan sutradara yang diselenggarakan oleh Direktorat Perfilman, Musik dan Media (Dit. PMM), Ditjen Kebudayaan, Kemendikbudristek.

“Bahkan, peserta lokakarya ini mendapatkan pelatihan langsung dari tutor penulisan skenario dari University of Southern California (USC), Amerika Serikat,” ujar Hilmar lebih lanjut.

Dalam kesempatan yang sama, perwakilan Adhya Pictures, Ricky Wijaya mengungkapkan alasan ketertarikan mereka untuk dapat memproduksi skenario berjudul “Tulang Belulang Tulang”. “Kami sangat tertarik pada narasi bermuatan lokal yang sarat akan pesan moral.”

Terlebih dapat mengangkat keunikan maupun kekhasan dari budaya lokal, termasuk suku Batak ini.

Tentang Film “Tulang Belulang Tulang”

Tulang Belulang Tulang adalah sebuah skenario film panjang komedi road trip yang ditulis oleh Sammaria Sari Simanjuntak dan Lies Nanci Supangkat. Tulang Belulang Tulang mengangkat cerita tentang upacara ‘Mangokal Holi’ yakni pemindahan tulang belulang leluhur.

Baca Juga:4 Cara Diet Ekstrim dengan Cepat, Yakin Berhasil!3 Definisi Sehat Menurut WHO, Sehat Jasmani, Mental dan Spiritual, Bagaimana Menurut Anda?

Pada masyarakat Batak, menjadi kebanggaan tersendiri bagi keluarga yang mampu melaksanakan upacara tersebut. Adalah sebuah keluarga Batak yang ingin melaksanakan tradisi ini, namun koper berisi tulang belulang Kakek Buyut (Tulang Tua) hilang di bandara. Mereka pun harus segera menemukan tulang belulang tersebut. Sebab, kalau tidak akan dikutuk sang nenek (Opung) dan seluruh keluarga besar yang sudah menunggu siap berpesta di Danau Toba. Perjalanan mencari tulang yang hilang inilah yang menjadi kekuatan dari cerita film ini. (*)

0 Komentar