Puluhan Lansia dan Masyarakat Rentan Ikuti Vaksinasi di Pabean

masyarakat rentan
Puluhan lansia dan masyarakat rentan antusias ikuti vaksinasi.(foto/radarpekalongan.id/istimewa)
0 Komentar

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.ID – Puluhan lansia, masyarakat rentan dan masyarakat penerima bantuan sosial antusias mengikuti kegiatan vaksinasi yang digelar Migrant Care bersama Save The Childern dan sejumlah komunitas di Kelurahan Padukuhan Kraton, Rabu 8 Maret 2023.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Paud Al Amanah, Pabean itu, tercatat 90 peserta hadir untuk mendapatkan vaksin, baik vaksin primer maupun vaksin booster pertama atau kedua.

Kegiatan hasil kerja sama Pemkot Pekalongan dan Kemitraan antara Australia dan Indonesia untuk Ketahanan Kesehatan (AIHSP) itu, memang menyasar masyarakat rentan untuk mendapatkan vaksin. Mulai dari lansia, disabilitas, hingga masyarakat kurang mampu yang memikiki keterbatasan dalam mengakses vaksin Covid-19.

Baca Juga:BPJAMSOSTEK Berharap Komisi 4 DPRD Kabupaten Pekalongan Kawal Rencana Ketua RT RW Diikutkan Program JamsostekApa itu Love Bombing? Kamu Harus Waspada, Yuk Kenali 3 Tandanya

Perwakilan Komunitas Petanesia, Edi Yanto mengungkapkan, antusias masyarakat dalam gerai vaksinasi inklusif kali ini memang cukup tinggi. “Untuk hari ini masyarakat yang hadir cukup banyak. Mereka sebagian besar mendapatkan suntikan vaksin booster, baik pertama maupun kedua,” tuturnya.

Edi mengatakan, gerai vaksinasi inkusif memang dihadirkan untuk mendekatkan pelayanan vaksin terutama kepada masyarakat rentan yang selama ini kesulitan dalam mengakses vaksinasi.

Untuk jangkauan yang lebih luas, pihaknya juga telah menggandeng pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dalam menyediakan data masyarakat rentan penerima bansos. Melalui strategi itu, cakupan vaksin terhadap masyarakat rentan diharapkan bisa lebih luas.

Membantu Masyarakat Rentan

Koordinator Kegiatan Vaksinasi, Seny Sugiarti mengatakan, kegiatan gerai vaksinasi inklusif sangat membantu masyarakat sekitar untuk mengakses vaksinasi. Dengan mendekatkan pelayanan vaksin, maka cakupan vaksinasi akan lebih luas.

Lurah Padukuhan Kraton, Widya Putri Nugroho mengapresiasi kegiatan gerai vaksinasi inklusif. Menurutnya, dengan mendekatkan akses vaksinasi ke masyarakat maka dapat memperluas cakupan vaksinasi. Pihaknya juga terus berupaya melakukan sosialisasi kepada warganya agar melengkapi dosis vaksin hingga booster kedua.

“Hari ini kegiatan berjalan dengan baik dan antusias masyarakat cukup tinggi. Karena dengan akses vaksinasi yang didekatkan, masyarakat semakin mudah untuk mendapatkan vaksin,” tandasnya.(nul)

0 Komentar