Hadapi Sidang Skripsi? Ini 6 Tips Persiapannya Agar Lancar

sidang skripsi
Ilustrasi skripsi (foto/freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Sidang skripsi? Pasti sudah tidak asing lagi bukan. Tahap skripsi menjadi salah satu tahapan yang cukup penting sekaligus menakutkan bagi sebagian orang.

Skripsi sendiri merupakan penentu bagi seseorang apakah layak atau tidak untuk mendapatkan gelar setelah beberapa tahun menempuh pendidikan di bangku kuliah. Situasi itu membuat mahasiswa biasanya cemas dan takut.

Setelah dipusingkan dengan tahap penyusunan, hingga persetujuan dari dosen pembing, masih ada sidang skripsi yang harus dihadapi. Untuk itu perlu persiapan yang matang agar sidang skripsi berjalan dengan baik.

Berikut tips yang dapat kamu terapkan saat akan menghadapi sidang skripsi.

  1. Pelajari kesimpulan skripsiPada tahap ini sebaiknya kamu memiliki strategi agar skripsi yang akan diujikan tidak menjadi boomerang bagi diri sendiri.Mempelajari skripsi dengan mencatat poin point penting yang ingin kamu sampaikan pada sidang skripsimu. Hal ini agar mempermudah kamu saat sidang skripsi. Dan ketika dosen menanyakan sesuatu tentang skripsimu, kamu dapat menjawabnya dengan benar sesuai dengan skripsi yang telah kamu susun.
  2. Membuat presentasi dengan jelasPada waktu sidang biasanya mahasiswa akan diberikan waktu selama sepuluh menit hingga lima belas menit untuk presentasi.Dengan waktu yang ada tersebut, tentu tidak dapat membahas keseluruhan dari skripsi yang kamu tulis. Untuk itu kamu dapat membuat materi skripsi mu dengan singkat namun jelas.
  3. Mencoba latihan presentasiBerbicara dengan suasana yang formal tentu memiliki tantangan tersendiri. Apalagi saat sidang skripsi biasanya terdapat beberapa dosen yang akan menguji.Untuk itu berlatih didepan cermin maupun didepan teman dapat menambah rasa percaya diri ketika presentasi skripsi. Selain itu latihan bermanfaat juga untuk meminimalisir kesalahan dalam pengucapan.
  4. Istirahat yang cukupMendekati hari H sidang biasanya perasaan cemas akan bertambah. Hal ini membuat istirahat menjadi terganggu. Tidur yang kurang dapat menyebabkan kita tidak fokus terhadap hal hal kecil.Untuk itu sisipkan waktu untuk beristirahat yang cukup.Hindari sistem kebut semalam agar tidak begadang dan dapat bangun lebih pagi untuk melanjutkan belajar.
  5. Pakaian yang rapi dan sopanTiap perguruan tinggi memiliki peraturan dresscode yang berbeda beda saat sidang berlangsung.Kebanyakan perguruan tinggi membuat aturan untuk dresscode menggunakan atasan berwarna putih polos dan bawahan hitam polos.Untuk itu pakailah baju, celana atau rok yang nyaman. Untuk perempuan sendiri sebaiknya tidak memakai rok diatas lutut dan pakaian yang digunakan tidak terlalu tipis.
  6. Datang lebih awal saat sidangSaat hari H sidang sebaiknya kamu datang lebih awal. Hal ini agar meminimalisir hal hal yang tidak diinginkan. Seperti macet atau barang yang ketinggalan.Datang lebih awal juga dapat membuat kamu lebih tenang dan tidak tergesa gesa. Mahasiswa yang telat datang, biasanya dosen tidak akan memberi tambahan waktu. Kecuali dengan alesan tertentu yang urgent.
0 Komentar