4 Kiat Mencegah Burnout Sejak Awal, Jaga Performamu Agar Terus Optimal

Langkah preventif untuk mencegah burnout
Langkah preventif untuk mencegah burnout. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Mengatur dan merawat batasan juga berarti bahwa kamu memiliki ruang yang tidak boleh diterobos oleh orang lain. Dalam ruang itu, kamulah yang sepenuhnya berhak untuk memegang kendali. Dengan langkah ini, kamu sedang berusaha untuk mencapai keseimbangan antara kehidupanmu secara keseluruhan dan kehidupan pekerjaan yang harus kamu lewati.

Buatlah garis pembeda yang jelas antara rumahmu atau ruang istirahatmu dengan dunia pekerjaan, seperti melakukan ritual relaksasi untuk membantumu melewati transisi ke emosi yang lebih baik setelah seharian bekerja.

Pertimbangkan pula untuk tidak bekerja di akhir pekan atau di luar jam kerjamu.

Kelola Stresmu

Baca Juga:7 Tips Mengatasi Burnout, Pulihkan Kinerja Agar OptimalDoomscrolling: Konsumsi Informasi Negatif Berikan Dampak Buruk

Stres merupakan kontributor signifikan dalam munculnya burnout, sehingga sangat vital untuk menemukan langkah mengelolanya. Ketika kamu bertekad untuk mencegah burnout, jangan abai dengan poin satu ini.

Kamu akan sangat terbantu dengan menerapkan teknik menghilangkan stres yang meliputi yoga, meditasi, dan latihan pernapasan. Tindakan yang cepat atau segera untuk mengelola stres merupakan sesuatu yang akan sangat membantumu, tetapi kamu juga perlu mempertimbangkan untuk menerapkan strategi pengelolaan stres jangka panjang. Karena bagaimanapun, stres bisa muncul kapan pun.

Sebagai salah satu bentuk usaha mencegah burnout, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang sehat, mempraktikkan self-talk yang positif, membuat jurnal, dan hal lain yang bersifat relaksasi sebagai strategi jangka panjang yang diadopsi menjadi kebiasaan.

Perlakukan Dirimu dengan Baik

Berada di kondisi yang selalu prima terkadang juga berkaitan dengan bagaimana kamu memperlakukan dirimu sendiri. Alih-alih memaksakan diri melewati batas kemampuan yang kamu miliki, belajarlah untuk mengenali alarm tentang kapan dan di mana kamu merasa kewalahan.

Kamu perlu untuk mengidentifikasi batasmu untuk dapat mencegah burnout. Jika merasa sudah mendekati batas tersebut, atur ulang ritme kerjamu dan perhatikan dirimu dengan lebih baik lagi.

Menemukan jalan untuk mencegah burnout merupakan hal yang akan membantumu meminimalisir hadirnya burnout dan dampak negatif yang turut bersamanya.

0 Komentar