14 Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan dan Kecantikan

manfaat rumput laut
Ilustrasi Rumput Laut (Foto/stock.adobe.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Rumput laut memiliki beragam manfaat yang sudah banyak dikenal. Manfaat rumput laut cukup banyak baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Rumput laut tergolong dalam tumbuhan makroalga benthik. Rumput laut biasanya dimanfaatkan sebagai toping makan maupun campuran dalam minuman.Rumput laut dapat dijumpai pada beberapa makanan dan minuman seperti sushi, onigiri, es buah maupun campuran dalam makanan lainnya.

Mengutip dari berbagai sumber, di bawah ini ada beberapa manfaat rumput laut yang bisa didapatkan

  1. Menambah energiRumput laut mengandung zat besi yang berperan penting terhadap pembentukan hemoglobin dalam tubuh untuk membawa oksigen.Zat besi yang ada pada rumput laut jika dikonsumsi dapat membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak energi.
  2. Mencegah pembengkakan kelenjar tiroidRumput laut mengandung yodium yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan tiroid. Tiroid yang sehat dapat meminimalisir resiko kesehatan kolestrol tinggi dan fungsi otot menjadi melemah.Tiroid yang bermasalah dapat menyebabkan gangguan pada memori pengingat, detak jantung yang berdebar dengan cepat, serta penyakit gondok.
  3. Memelihara kesehatan jantungRumput laut mengandung antioksidan yang berperan penting untuk mencegah kerusakan pada sel tubuh yang dapat menyebabkan penyakit jantung.Selain itu kandungan fucan dan kalium yang ada pada rumput laut jika dikonsumsi dapat mengurangi resiko penyakit jantung.
  4. Mencegah resiko diabetesRumput laut mengandung fucoxanthin yang bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan gula dalam darah. Selain itu kandungan alginate yang ada pada rumput laut juga dapat mencegah peningkatan gula pada darah.
  5. Menguatkan gigi dan tulangRumput laut mengandung kalsium yang berperan penting dalam membantu menguatkan gigi dan tulang.Selain itu kalsium juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pada fungsi sistem saraf, otot serta jantung.
  6. Menurunkan berat badanRumput laut coklat mengandung pigmen fucoxanthin yang dapat membantu melancarkan metabolisme dalam tubuh.Selain itu kandungan yang ada pada rumput laut juga dapat mengubah lemak menjadi energi.Serat alami yang ada pada rumput laut disebut sebut dapat memberikan efek kenyang pada jangka waktu yang lama.Serta menghalangi penyerapan lemak dalam usus.
  7. Melawan radikal bebasRumput laut mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral berperan penting sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel sel.
  8. Dapat menyembuhkan lukaRumput laut mengandung vitamin K yang bermanfaat untuk mempercepat saat proses pembekuan darah ketika seseorang terdapat luka pada tubuhnya.
  9. Memperlambat pertumbuhan sel kankerRumput laut memiliki manfaat untuk memperlambat pertumbuhan pada sel kanker.Rumput laut juga secara efektif dapat mengatasi leukimia dan tumor ganas. Selain itu rumput laut juga disebut sebut dapat mengatasi penyakit kanker payudara.
  10. Menjaga kesehatan pencernaanRumput laut memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat tersebut dapat membuat tubuh dapat terhindar dari konstipasi dan sembelit.
0 Komentar