Baru Pertama Kali Masuk Kerja, Apa Sih yang Seharusnya Dilakukan?

masuk kerja
Hal-hal yang harus kamu lakukan ketika baru masuk kerja. (unsplash)
0 Komentar

Percakapan tidak harus dimulai dengan topik yang berat seperti membahas pekerjaan. Kamu dapat memulainya dengan hal-hal yang ringan seperti mencari tahu tempat tinggal atau metode transportasi yang digunakan untuk pergi ke tempat kerja.

Dengan mengobrol mengenai hal yang ringan, kamu dapat lebih mudah mempererat hubungan dengan orang lain.

  • Jangan Baper

Akan selalu ada hal-hal yang tidak mengenakkan terjadi di hidup kita. Maka kita juga harus siap akan sikap orang lain yang mungkin tidak akan sesuai ekspektasi kita.

Baca Juga:Alasan Mengapa Kamu Harus Bisa Public SpeakingBahaya Mengonsumsi Es Teh Manis Terlalu Sering

Berada di lingkungan yang baru, tentu akan menemukan orang-orang dengan karakter yang berbeda-beda pula. Kadangkala walaupun kita sudah berupaya semaksimal mungkin untuk berbuat baik kepada orang lain, akan ada feedback yang kurang baik yang kita dapatkan seperti tidak dihiraukan, tatapan mata sinis, dan masih banyak lagi.

Memang ada jenis-jenis manusia yang level bercandanya tidak sesuai dengan diri kita dan terkesan malah kurang menghargai dan merendahkan.

Jadi jika ada perlakuan atau sikap yang kurang berkenan maka kita tidak boleh gampang terbawa emosi dan langsung jengkel akan orang tersebut. Jangan lantas mejadi baper. Yang harus kita lakukan adalah bersiap biasa saja, karena kita tidak mengetahui bagaimana sifat yang sebenarnya dari orang tersebut.

  • Menjadi diri sendiri

Dengan menjadi diri sendiri kita akan lebih nyaman dalam melakukan sesuatu di tempat kerja. Jangan pernah berpura-pura menjadi orang lain hanya untuk mendapatkan perhatian lebih dari orang lain. Karena jika kita berupaya menjadi orang lain, yang ada malah kita hanya merasa capek dan lelah karna harus berpura-pura setiap harinya.

Dengan menjadi diri sendiri, kita akan lebih percaya diri dan percaya akan kompetensi yang kita punya, sehingga kita lebih mudah untuk menyesuaikan diri di tempat kerja dan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan mudah.

  • Jangan pernah malu untuk bertanya

Ketika menjadi anak baru, tentu banyak sesuatu atau tradisi tempat kerja yang tidak kita ketahui, maka jangan malu untuk bertanya kepada seniormu. Tetapi sebelum itu kamu harus inisiatif untuk mengerjakan tugasmu semaksimal mungkin.

0 Komentar