Apakah Boleh Merokok Saat Puasa? Yuk, Simak 4 Dalil Berikut!

Apakah boleh merokok saat puasa
Hukum merokok saat puasa seringkali menjadi pertanyaan yang diulang-ulang setiap menjelang bulan Ramadan. (freepik)
0 Komentar

Selain itu, dalam salah satu ayat Al-Qur’an juga menyinggung persoalan ini yang berbunyi:

وَأَنفِقُوا۟ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ وَلَا تُلْقُوا۟ بِأَيْدِيكُمْ إِلَى ٱلتَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوٓا۟ ۛ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلْمُحْسِنِينَ

Artinya: “Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.,” (Qs. Al-Baqarah: 195)

Hukum merokok dalam Islam sebagai sesuatu yang mubah, makruh atau bahkan haram juga dapat dilihat dalam suatu hadits yang berbunyi:

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لاَ ضَرَرَ وَلاَ ضِرَارَ. رواه ابن ماجه, الرقم

Baca Juga:Inilah Bulan Baik untuk Menikah di 2023 Menurut Islam, Muslim Wajib Tahu!Apa itu Edelweis Rawa? Tanaman Langka yang Tumbuh Subur di Ranca Upas

Artinya: “Dari Ibnu ‘Abbas ra, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: Tidak boleh berbuat kemudaratan (pada diri sendiri), dan tidak boleh berbuat kemudaratan (pada diri orang lain)” (HR. Ibnu Majah, No.2331)

Dampak Merokok Bagi Kesehatan

Selain melihat aturan, apakah boleh merokok saat puasa dari sudut agama. Kamu juga perlu mengetahui dampak buruk merokok bagi kesehatan. Menurut data dari World Health Organization (WHO) pada tahun 2021, terdapat 80% lebih dari 1,3 miliar perokok di dunia yang berpenghasilan ekonomi rendah hingga menengah. 

Tanpa disadari, kebiasaan merokok juga memberikan kontribusi pada tingkat ekonomi maupun kemiskinan seseorang. Hal ini disebabkan, pengalihan pengeluaran poko rumah tangga ke kepentingan rokok yang banyak memberi efek negatif pada kesehatan.

Beberapa dampak merokok bagi kesehatan seperti, terjadinya gangguan mata, memicu penyakit kanker, meningkatkan risiko kehamilan bermasalah, mengganggu sistem pernapasan hingga memberikan permasalahan kesehatan genetik kepada buah hati.

Tentunya, dampak tersebut tidak serta merta dirasakan seketika. Namun, perlahan tapi pasti seseorang yang rutin merokok akan mengalami berbagai permasalahan kesehatan seperti contoh di atas.

Cara Ampuh Hentikan Kebiasaan Merokok

Tentunya, bagi seorang perokok akan merasa kesulitan untuk menghentikan kebiasaan merokok. Meskipun, dirinya telah mengetahui hukum apakah boleh merokok saat puasa serta dampak buruknya bsgi kesehatan. Meski begitu, tentunya menjelang Ramadhan ini dapat menjadi momen terbaik untuk mulai mencoba berhenti dari kebiasaan merokok.

Bagi ksmu ysng ingin mencobanya atau tengah membantu orang terdekat menangani permasalahan kebiasaan merokok. Berikut beberapa cara ampuh hentikan kebiasaan merokok yang bisa dicoba; 

Mulailah dengan menulis alasan untuk berhenti merokok.

0 Komentar