Jangan Berlebihan juga, Ini 3 Efek Samping Makan Kurma Kebanyakan

efek samping makan kurma kebanyakan
hindari penyakit, ini 3 efek samping makan kurma kebanyakan (unsplash)
0 Komentar

1. Diare

Efek samping makan kurma kebanyakan membuat kandungan gula dalam tubuh terlalu tinggi, hal ini dapat memicu terjadinya diare.

Hal yang perlu diingat adalah kurma memiliki kandungan fruktosa, yakni gula alami yang ada pada buah dan sayuran. Namun sebagian orang tidak dapat mencerna fruktosa dengan baik, apalagi dalam jumlah yang banyak.

Saat gula tidak dapat diserap oleh sistem pencernaan yang baik, hal ini akan menimbulkan rasa melilit dalam perut dan berujung diare.

Baca Juga:Kapan Puasa 2023 Hitung Mundur? Yuk, Simak Ulasannya!Sukses Guncang GBK, Ini 3 Kendala Selama Konser Blackpink di Jakarta!

2. Meningkatkan risiko diabetes

Selain menyebabkan diare, efek samping kebanyakan makan kurma adalah meningkatkan risiko diabetes. Efek yang timbul ini tentunya akan lebih bahaya jika orang tersebut memiliki riawayat penyakit diabetes.

Pasalnya hanya satu butir kurma sudah mengandung gula alami, setara dengan 30 gram gula pasir. Dengan kandungan gula tersebut, membuat kurma termasuk dalam jajaran buah yang memiliki efek terhadap kadar glukosa darah yang tinggi.

3. Hiperkalemia

Efek samping makan kurma kebanyakan berikutnya adalah Hiperkalemia, yakni kondisi di mana kadar kalium elektrolit dalam darah yang tinggi. Dilansir dari Hallodooc hiperkalemia bisa berakibat pada terganggunya aktifitas listrik didalam jantung yang diawali dengan melambatnya detak jantung dan bisa berujung kematian.

Kandungan dalam buah Phoenix Dactylifera salah satunya adalah potassium dan kalium. Setiap butirnya mengandung 167 miligram kalium, jika dikonsumsi sesuai dengan porsinya maka buah kurma akan memiliki manfaat untuk kesehatan.

Namun sebaliknya  jika dikonsumsi secara berlebihan, kandungan kalium dalam kurma akan menyebabkan masalah kesehatan yang lain seperti hiperkalemia.

Dalam agama Islam, makan atau minum yang berlebihan juga merupakan sikap yang tidak dianjurkan, sebagaimana firman Allah dalam QS. Al-A’raf: 31;

يَٰبَنِىٓ ءَادَمَ خُذُوا۟ زِينَتَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا۟ وَٱشْرَبُوا۟ وَلَا تُسْرِفُوٓا۟ ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُسْرِفِينَ

Yang artinya: “Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.”

Baca Juga:Ini 8 Langkah Mudah Top Up Shopeepay Lewat Dana Kalau Kamu Malas Keluar Rumah!Mau Me Time di Akhir Pekan, Ini 5 Rekomendasi Film Korea Wajib Tonton!

Nah, itu dia efek samping makan kurma kebanyakan. So guys jangan terlalu berlebihan dalam segala hal yaa! (*)

0 Komentar