Selama Ramadan, Ini Sejumlah Kegiatan Positif dan Bermanfaat yang Dapat Kamu Lakukan

ramadan
kegiatan yang bermanfaat untuk dilakukan di bulan ramadan. (Photo by Nega on Unsplash)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Bulan Ramadan adalah bulan yang bisa menjadi ladang pahala untuk kaum muslim. Dimana kebaikan-kebaikan yang dilakukan di bulan Ramadan, pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Setiap tahunnya, Ramadan memberikan suasana yang berbeda, dan sebagai umat Islam, kita sudah sepatutnya beramai-ramai untuk menjalankan ibadah dengan maksimal dan terbaik, mengingat bulan ini hanya terjadi sekali dalam setahun.

Umat Muslim wajib berpuasa selama sebulan penuh di bulan Ramadan. Namun, ada saja tantangan dan halangan yang harus dihadapi dalam menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga:Sidang Isbat Akan Digelar pada 22 Maret 2023Asal Nama Bulan Suci Ramadan

Puasa berarti harus melawan hawa nafsu, menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 12 jam, sehingga banyak yang merasa mudah lelah atau capek dalam menjalankan rutinitas. Namun, menjalankan ibadah puasa tidak boleh membuat kita kehilangan semangat untuk melakukan hal-hal yang positif.

Ternyata, ada sejumlah kegiatan positif dan bermanfaat selama bulan Ramadan yang dapat membuat puasa menjadi lebih mudah, menyenangkan dan tidak terasa.

Bahkan, dengan menjalankan hal-hal ini, ibadah kita akan menjadi lebih berarti dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Kegiatan Positif dan Bermanfaat selama Ramadan

Berikut ini adalah daftar kegiatan positif yang dapat dilakukan selama bulan Ramadan, yang telah kami rangkum dari berbagai sumber. Kegiatan-kegiatan ini bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain:

Memperbanyak kebaikan

Dilansir dari sehataqua.co.id, menjadi manusia memang harus berbuat baik. Entah itu berbuat baik yang berhubungan dengan Allah, diri sendiri, orang lain, hingga makhluk-makhluk ciptaan Allah yang lainnya di kehidupan atau aktivitas sehari-harinya.

Tapi segala kebaikan yang kita perbuat, pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Pahala kebaikan yang kita perbuat akan dlipatgandakan sebanyak 70 kali dibanding hari-hari di luar bulan Ramadan. Tentu hal ini juga berlaku jika melakukan kebaikan tanpa pamrih atau dengan ikhlas.

Menunaikan Salat Sunnah

Kegiatan di bulan Ramadan selain berpuasa yang dapat kamu lakukan adalah dengan menunaikan salat sunnah. Entah itu salat dhuha, tahajud, fajar, tarawih, witir, dan lain sebagainya.

0 Komentar