Selama Ramadan, Ini Sejumlah Kegiatan Positif dan Bermanfaat yang Dapat Kamu Lakukan

ramadan
kegiatan yang bermanfaat untuk dilakukan di bulan ramadan. (Photo by Nega on Unsplash)
0 Komentar

Selain dapat menambah pahala, menunaikan salat sunnah juga dapat membuat puasa kian tak terasa. Selain itu hal ini akan menambah perasaan damai dan tenang dalam menjalankan kehidupan.

Membaca Al-Qur’an

Membaca kitab suci Al-Qur’an membuat hati terasa tenang dan membuat kita bergelimang pahala serta dikaruniai keberkahan oleh Allah SWT. 

Bahkan mereka yang hanya mendengar atau menyimak bacaan Al-Qur’an saja sudah menjadi ladang pahala bagi yang melakukannya. Apalagi mereka yang secara khusyuk dan tanpa pamrih membaca Al-Qur’an secara konsisten pasti akan lebih dilipatgandakan pahalanya.

Baca Juga:Sidang Isbat Akan Digelar pada 22 Maret 2023Asal Nama Bulan Suci Ramadan

Sedekah

Kegiatan positif dan bermanfaat lainnya adalah dengan berbagi kepada sesama atau bersedekah.

Berbagi kepada orang lain tidak perlu menunggu harus kaya atau dalam kondisi bergelimang harta. Karena sejatinya Allah SWT tidak mengukur pahala kamu dari berapa nominal yang kamu keluarkan untuk bersedekah. Melainkan Allah SWT menilai segala hal yang bernilai ibadah dari niat dan juga keikhlasan kamu dalam menunaikan ibadah tersebut.

Manfaat dari bersedekah yang lain adalah merasa senang karena telah mampu berbagi kepada orang-orang yang dirasa membutuhkan pertolongan. Selain itu bertemu dan bersilaturahmi dengan banyak orang akan membukakan pintu rezeki seluas-luasnya. Tak perlu muluk-muluk, dengan cara tersenyum kepada semua orang yang kita temui, juga bernilai ibadah.

Membaca buku

Kegiatan yang mengasyikkan selanjutnya yakni membaca buku. Membaca buku sama saja dengan membaca jendela dunia. Kita bisa mendapatkan berbagai ilmu dengan cara membaca buku. Selain itu dengan membaca buku, kita dapat menceritakan bagian yang menarik dalam buku kepada orang di sekitar kita.

Mendengarkan ceramah

Dilansir dari dalamislam.com, menjadi manusia yang baik, harus selalu berinterospeksi setiap harinya. Apa saja kekurangan yang dapat dirubah, dan lain sebagainya. Jangan terus menutup diri dan tidak mau mendengarkan nasihat-nasihat dari orang lain meskipun memang tidak semua nasihat dapat kita terima dan diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

Sebagai umat Islam, kita diharuskan untuk memperbanyak wawasan islami seperti mendengarkan ceramah. Agar kita sebagai umat Islam tahu mana yang baik dan yang tidak, mana jalan yang sesuai dengan perintah Nabi Muhammad SAW dan mana jalan yang menyimpang. (*)

0 Komentar