4 Manfaat menjadi Orang ‘Bodo Amat’, Salah Satunya Bisa Cegah Iri Dengki

Bodo amat
Menjadi orang bodo amat juga diperlukan untuk mencegah munculnya iri dengki dalam diri kita. (Unsplash.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Mendengarkan pendapat orang lain tentang diri kita bisa menjadi bahan introspeksi diri agar menjadi manusia yang lebih baik setiap harinya. Namun, adakalanya kita perlu menjadi orang yang ‘bodo amat‘.

Kenapa demikian? Ada beberapa alasan mengapa terkadang kita tidak perlu terlalu bergantung pada pandangan orang lain dan cukup percaya pada diri sendiri.

Sebagian orang mungkin merasa penting untuk mendapatkan perhatian lebih dari orang lain atau lingkungan sekitar, bahkan rela menjadi orang lain demi mendapatkan validasi.

Baca Juga:Selama Ramadan, Ini Sejumlah Kegiatan Positif dan Bermanfaat yang Dapat Kamu LakukanSidang Isbat Akan Digelar pada 22 Maret 2023

Hanya saja, perilaku tersebut tidak sehat dan dapat berdampak negatif pada diri sendiri. Kita akan merasa lelah dan stres jika mencoba untuk selalu mengikuti apa yang dikatakan orang lain. Bahkan ketika melakukan kesalahan kecil saja, kita terus memikirkannya. Padahal, banyak dari kita yang menganggap perilaku tersebut sebagai hal yang wajar.

Namun, jika dilakukan secara berlebihan, hal ini dapat berdampak buruk pada kesehatan mental kita. Oleh karena itu, penting untuk memiliki sikap “bodo amat” pada diri sendiri. Ini bukan berarti kita tidak peduli dan tidak mau mendengarkan orang lain atau lingkungan sekitar, tetapi kita harus mampu memilah mana informasi atau nasihat yang baik untuk diri sendiri dan mana yang tidak.

Sebaiknya, kita fokus pada hal-hal yang penting dan sesuai dengan nilai dan tujuan hidup kita, serta mempertimbangkan saran dari orang-orang terdekat yang dapat memberikan masukan yang membangun. Dengan begitu, kita dapat menjadi diri sendiri yang sejati dan hidup dengan lebih bahagia dan tenang.

Manfaat menjadi manusia yang bodo amat, tidak peduli akan omongan orang lain

Karena diri sendiri juga perlu bahagia, maka berikut ini beberapa manfaat penting mengapa kamu harus jadi manusia yang bersikap bodo amat :

Membuat hidup menjadi lebih tenang

Dilansir dari yoursay.suara.com, menganggap hal-hal yang negatif yang terjadi pada diri kamu sebagai sesuatu hal yang tidak perlu dipikir atau tidak perlu terlalu dipusingkan, akan membuat hidupmu jauh lebih tenang.

Kita perlu tahu bagaimana caranya membedakan pernyataan negatif dan kritik yang sifatnya membangun. Pernyataan atau hal-hal negatif yang lebih cenderung untuk menghakimi dan jika dibiarkan justru akan berdampak bahaya bagi kamu sendiri.

0 Komentar