Ramai Istilah FOMO karena Konser Blackpink, Apa Sih FOMO itu?

Istilah fomo
Apa Sih Itu Fomo? -unplash-
0 Komentar

Dilandasi dengan keinginan seseorang yang rela melakukan apapun hanya untuk mengikuti tren meskipun harus merogoh kocek yang tidak sedikit dan pada jumlah yang besar. Jika hal ini terus-terusan dilakukan maka akan timbul permasalahan yakni kendala pada keuangan. Seperti sulit untuk menabung, sifat konsumtif, boros, nekat berhutang demi gaya hidup, hingga mengandalkan pinjaman online (pinjol).

Mengancam kesehatan mental

Sindrom FOMO juga dapat mengancam kesehatan mental atau jiwa. Mengapa demikian? Pasalnya FOMO adalah kecenderungan masyarakat dalam memposting pengalaman positif daripada pengalaman negatif akibat dari perasaan ketakutan akan kehilangan momen-momen tertentu. Munculnya perasaan takut yang dapat mengganggu kesehatan mental seseorang seperti stress, sulit tidur, kecemasan, kurang percaya diri, atau perasaan rendah diri.

Ketika sindrom FOMO mulai menjangkiti seseorang dan orang tersebut belum mampu untuk mewujudkan keinginannya sehingga bisa dianggap baik, maka orang tersebut akan cenderung untuk mengasingkan diri dari orang lain.

Baca Juga:Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri supaya Hidup Kamu Lebih PowerfullSebelum Menikah, Ini Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Sulit bersosialisasi secara nyata

Selain itu, orang-orang yang mengidap sindrom FOMO juga memiliki kecenderungan untuk meremehkan selera orang yang cenderung berbeda dengan pandangan orang banyak. Dan lebih parahnya lagi ketika mereka yang memiliki FOMO akan merasakan sulitnya berkomunikasi atau bersosialisasi secara nyata karena terlalu fokus kepada dunia maya.

Dilansir dari bfi, pada Minggu (18/03/2023), beberapa faktor penyebab mengapa seseorang dapat terjangkit sindrom FOMO adalah adanya penggunaan sosial media dalam jumlah secara berlebihan.

Adapun beberapa faktor lainnya yakni perilaku yang kerapkali membanding-bandingkan orang lain, kurangnya rasa syukur atas apa yang telah dimiliki atau diraih, mudahnya terpengaruh oleh lingkungan sekitar.

Sindrom FOMO hanya akan membuat Lelah seseorang entah itu secara mental maupun secara fisik. Harus mengikuti apa yang orang lain lakukan tentu sangat melelahkan, bukan? Maka dari itu jika kamu seperti sudah terjangkit sindrom FOMO ini maka coba untuk mengenali diri sendiri lebih dalam lagi dan berubah untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Cara Mengatasi FOMO

Untuk mengatasi FOMO, seseorang dapat mencoba untuk membatasi waktu yang dihabiskan di media sosial, fokus pada kegiatan atau aktivitas yang menarik perhatian, atau mencoba untuk lebih berpikir positif tentang dirinya sendiri dan kehidupan yang sudah dimilikinya.

0 Komentar