7 Cara Meningkatkan Optimisme dan Mereduksi Kecemasan di Keseharianmu

Meningkatkan optimisme, buatmu kurangi kecemasan dalam keseharian
Meningkatkan optimisme, buatmu kurangi kecemasan dalam keseharian. (Sumber: freepil.com)
0 Komentar

Buatlah Daftar Orang-Orang yang Membuatmu Nyaman

Gross mengatakan bahwa mempertahankan orang di dekatmu yang membuatmu merasa tenang, aman, dan baik dapat membawa perubahan positif. Hubungan sosial adalah salah satu hal terbaik untuk mendapatkan hasil yang sehat. Sebaliknya, jika optimismemu menurun dan kecemasan meningkat ketika berada di sekitar orang-orang tertentu, kamu dapat mengurangi kebersamaanmu dengan mereka.

Nyatakan Kalimat Positif Setiap Hari

Bangun setiap pagi dan menyatakan atau menuliskan apa tujuanmu di hari itu dapat membawamu ke pola pikir positif, meski mulai dari sesuatu yang sangat sederhana. Kamu dapat mensugesti diri untuk memiliki pola pikir yang lebih sehat.

Misalnya, alih-alih mengatakan, “Saya harus mengantar anak saya ke sekolah,” coba alihkan pikiranmu ke sesuatu seperti, “Saya punya anak yang sehat dan cukup baik untuk pergi ke sekolah” atau “Saya punya mobil untuk mengantar anak saya ke sekolah.”

Buat Dirimu Rileks

Baca Juga:Bias Optimisme, Apakah Baik untuk Tidak Peka Terhadap Kemungkinan Buruk?Penasaran Mengapa Sering Membuat Keputusan yang Salah? 5 Hal Berikut Bisa Memberimu Jawaban

Saat cemas, Gross menyarankan untuk beralih pada aktivitas yang membuat tubuhmu lebih nyaman untuk mengalihkan perasaan tersebut.

Berhubungan dengan alam dan hadir dengan melihat, merasakan, mendengar, dan mencium dapat mengubah kerangka acuanmu. Jika kamu dapat hadir sepenuhnya pada saat ini, tidak ada kecemasan, karena kecemasan adalah sesuatu yang terjadi atau akan terjadi. Kamu bisa meningkatkan optimisme dengan langkah ini.

Tersenyumlah dan Jalani dengan Sukacita

Gross percaya bahwa terkadang kegembiraan kegembiraan adalan sumber senyuman, tetapi terkadang senyuman tidak selalu bermakna kegembiraan. Terkadang, senyum justru merupakan ekspresi untuk menyembunyikan ketidakbahagiaan.

Dattilo setuju, mencatat bahwa komponen biologis, psikologis, dan sosial semuanya berkontribusi terhadap kecemasan. Dia mengatakan bahwa penelitian pikiran-tubuh semakin menunjukkan bahwa berpikir lebih baik secara mental berdampak pada bagaimana tubuh berfungsi secara fisik.

Kamu perlu untuk menciptakan senyum yang benar-benar membawamu pada sukacita dan bukan untuk menipu semata, agar dapat meningkatkan optimisme dirimu.

**AN

Referensi Heathline Verywellmind Psychology Today

0 Komentar