7 Manfaat Air Kelapa, Dijamin Sehat dan Aman untuk Tubuh

Manfaat air kelapa
Manfaat air kelapa. (Topntp26/Freepik)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Manfaat air kelapa sudah dikenal dari zaman dahulu bahwa air kelapa mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Selain mampu menyegarkan ternyata air kelapa juga dapat menambah elektrolit dan mineral pada tubuh.

Kelapa banyak tumbuh di daerah tropis seperti di Indonesia, dan kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk banyak hal dari mulai batang, daun dan tentu buahnya. Selain itu kelapa juga bisa diolah menjadi bahan utama dalam proses pembuatan gula.

Kelapa juga memiliki kandungan karbohidrat dengan sedikit protein dan lemak yang menjadi pelengkap zat gizi didalam air kelapa.

Baca Juga:7 Ide Jualan Laris Manis pada Bulan Puasa5 Tips Tampil Percaya Diri

Lalu, apa saja sih manfaat air kelapa, yuk simak tulisan berikut ini:

1. Memperlambat penuaan

Air kelapa dipercaya bermanfaat bagi kecantikan lho, mampu menjadikan kulit lebih halus dan terlihat lebih muda.

Manfaat air kelapa ini didapat karena salah satu zat yang terkandung di dalamnya adalah sitokinin yang merupakan salah satu hormon pertumbuhan. Sitokinin memiliki fungsi mengatur pertumbuhan, perkembangan dan penuaan sel.

Ini disebabkan karena kandungan sitokinin mempunyai efek anti penuaan, anti karsinogenik, dan anti trombotik (anti pembekuan darah) ini menjadi sebab mengapa kelapa disebut sebagai buah yang dapat menunda penuaan.

2. Mengatur tekanan darah dan kolestrol

Ternyata air kelapa memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan jantung, karena dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi risiko terkena serangan jantung.

Ini karena di dalam kelapa memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi dan natrium yang rendah. Natrium mampu menurunkan kadar gula darah pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

3. Baik untuk pencernaan

Air kelapa dipercaya mampu menjadi obat untuk segala macam penyakit yang berhubungan dengan pencernaan, diantaranya adalah diare, gangguan pencernaan, cacingan, infeksi kantung kemih dan gangguan ginjal.

Baca Juga:5 Tips Memilih Mobil Irit BBM4 Kriteria Memilih Wanita yang Akan Dijadikan Istri menurut Islam

Ketika kamu terkena diare bisa mengobatinya menggunakan air kelapa karena air kelapa dipercaya mampu menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Selain itu air kelapa juga memiliki kandungan natrium dan klorida yang rendah serta tinggi gula dan asam amino.

0 Komentar