5 Tips Cegah Dehidrasi saat Puasa

Tips cegah dehidrasi
Tips cegah dehidrasi dengan minum air putih. (Foto/Freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Tips cegah dehidrasi saat puasa. Salah satu cobaan yang sering dihadapi ketika berpuasa adalah merasa haus dan lapar, apalagi ketika selesai melakukan aktivitas yang banyak menguras tenaga.

Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh kehilangan banyak cairan yang akhirnya menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dan menganggu fungsi normal tubuh.

Anak-anak, orang dewasa dan orang tua serta semua yang melakukan aktivitas fisik cukup berat pasti akan merasakan dehidrasi, karena kehabisan cairan dalam tubuh. Lalu apa sih tips mencegah dehidrasi saat puasa?yuk simak tips berikut ini

Baca Juga:5 Tips Ajari Anak Puasa di Bulan Ramadan6 Tips Semangat Bekerja di Saat Puasa

Konsumsi air putih saat sahur dan berbuka

Mengonsumsi air putih saat sahur dan berbuka puasa dalam jumlah yang cukup sangatlah penting. Inilah tips cegah dehidrasi saat puasa yang pertama dan terpenting.

Pastikan dalam sehari kamu mengonsumsi sedikitnya 8 gelas air putih agar terpenuhi kebutuhan air di dalam tubuh. Agar tidak kembung, ketika meminum bisa dibagi menjadi beberapa waktu, jangan sekaligus langsung banyak.

Misalnya saat sahur minum 2-3 gelas, ini membantu menghidrasi tubuh selama kita beraktivitas, kemudian ketika berbuka puasa minum lagi 2-3 gelas pada saat selesai makan. Kemudian eberapa gelas lagi setelah tarawih.

Hindari mengonsumsi air putih sekaligus dalam jumlah yang banyak apalagi ketika malam hari, karena ini dapat menyebabkan kenyang dan menjadikan tidak nyaman ketika berpuasa.

Hindari minum kafein

Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi karena minuman ini dapat mempercepat dehidrasi. Selain itu juga harus mengurangi konsumsi makanan atau minuman manis.

Tak hanya itu, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran juga dapat membantu mengurangi dehidrasi karena memiliki kandungan air yang cukup banyak.

Kurangi aktivitas berat

Selama bulan puasa khususnya pada siang hari di saat terik sedang panas-panasnya, diusahakan .engurangi aktivitas berat yang banyak menguras energi yang akhirnya menjadikan kita lebih cepat merasa dehidrasi.

Baca Juga:9 Tips agar Nafas Tidak Bau selama Puasa7 Manfaat Air Kelapa, Dijamin Sehat dan Aman untuk Tubuh

Jika memang ingin berolahraga, bisa dilakukan 2 jam setelah sahur atau 1 jam sebelum berpuasa, namun juga jangan yang terlalu berat karena akan menguras banyak energi.

0 Komentar