Cara agar Tidak Mudah Mengantuk di Tempat Kerja

agar tidak mudah mengantuk
Beberapa cara agar kamu tidak mudah mengantuk. (unsplash.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Agar tidak mudah mengantuk ketika sedang bekerja bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mudah merasa ngantuk serta rasa kantuk yang tidak tertahankan memang akan menyebabkan terhambatnya aktivitas sehari-hari.

Faktor penyebab seseorang menjadi mudah mengantuk pun beragam, seperti terlalu banyak aktivitas, kurang waktu tidur, kelelahan,insomnia, ataupun kondisi medis tertentu.

Waktu tidur yang cukup dan dibutuhkan oleh orang dewasa yakni sekitar 7-8 jam sehari. Namun terkadang kita tetap merasa mudah mengantuk walau sudah cukup tidur, atau bahkan waktu tidur overload atau lebih lama dari waktu yang dianjurkan.

Baca Juga:5 Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Bergantung pada Manusia7 Bahaya Pagophagia atau Kebiasaan Mengunyah Es Batu

Mengantuk memang hal yang sangat wajar untuk dialami oleh setiap manusia. Namun jika hal tersebut berada dalam kadar yang berlebihan maka akan mempengaruhi produktivitas dan kinerja dalam bekerja ataupun dalam melakukan berbagai aktivitas lainnya.

Beberapa cara efektif agar tidak mudah mengantuk di tempat kerja

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa cara efektif yang dapat kamu lakukan atau terapkan agar tubuh menjadi lebih fit serta menghilangkan kantuk.

1. Mengonsumsi secangkir kafein

Minuman yang mengandung kafein adalah kopi. Seringkali masyarakat memilih minum kopi untuk dapat menghilangkan kantuk saat bekerja ataupun melakukan berbagai aktivitas lainnya. Kandungan kafein pada kopi merupakan stimulan yang dapat meningkatkan aktivitas di otak serta sistem saraf.

Namun jika kamu tidak menyukai kopi atau tidak dapat mengonsumsi kopi, ada beberapa minuman yang mengandung kafein yang dapat kamu konsumsi seperti teh hijau dan teh hitam. Tetapi yang perlu diingat adalah jangan mengonsumsi kafein terlalu berlebihan karena dapat membuat kamu gelisah dan dapat menghambat tingkat produktivitas kamu.

2. Tidur siang sejenak

Terkadang kita perlu tidur siang untuk dapat menghilangkan rasa kantuk yang tak tertahankan. Atau bila memungkinkan lakukanlah power nap singkat pada saat jam istirahat makan siang. Kamu dapat melakukan power nap dengan meletakkan kepala di atas meja kerja kamu.

Tidur siang sejenak selama 15 atau 30 menit dapat memberikan kamu energi yang cukup untuk bisa beraktivitas sepanjang hari dan menjadikan dirimu lebih bersemangat. Tetapi jangan lupa pasang alarm supaya kamu tidak kebablasan dan dimarahi atasan, ya!

0 Komentar