5 Cara Cerdas Memahami Materi Perkuliahan di Kelas

Cara cerdas memahami materi perkuliahan
Bertanya adalah cara cerdas memahami materi perkuliahan by Unissula
0 Komentar

Buat Kategori

Selanjutnya masih nyambung dengan yang pertama, kamu bikin kategori materi perkuliahan yang sudah didapat. Bikin kategori terserah mau dari yang tersulit dulu terus ke terendah.

Fungsi adanya kategori-kategori memudahkan kita materi apa yang masih perlu dipelajari secara lebih komprehensif.

Dengan membuat kategori-kategori maka akan mempermudah belajar ulang apa yang sudah disampaikan oleh dosen. Layaknya membuat jalan konsep masing-masing sehingga mudah dipelajari lagi.

Baca Juga:5 Fakta Menarik Madu Kayan yang Harus Kamu Tahu, Yuk Simak!5 Khasiat Madu untuk Kesehatan agar Nikmat Menjalani Bulan Ramadan, Layak Dicoba!

Seperti membuat kategori yang kurang penting, penting dan penting sekali. Nah, infornasi yang sudah dipetakan sebelumnya jadi gampang untuk diingat.

Bikin Kata Kunci

Cara cerdas memahami materi perkuliahan adalah dengan membikin kata kunci. Kata kunci berguna untuk mengingatkan satu atau beberapa hal penting.

Misalnya ketika membahas tentang Madu, maka buatlah kata kunci yang relevan dengan apa yang dibahas. Ingat otak kita itu sebenarnya hanya perlu rangsangan agar bisa berpikir lebih tepat terkait suatu pembelajaran.

Kalau sudah menemukan kata kunci ibarat sudah menemukan jalan untuk membuat rangkuman penjelasan kuliah. Sebab penjelasan materi perkuliahan masih sangat terlalu umum. Maka cara cerdas memahami materi perkuliahan bisa dilakukan dengan penekanan kata kunci yang tepat.

Jangan jadi mahasiswa kurang cerdas dengan mencatat semua hal yang dijelaskan dosen. Sebab cara cerdas memahami materi perkuliahan tidak dilakukan dengan cara seperti itu. Kalaupun berhasil mencatat semua penjelasan dosen, tapi tetap saja kalau dibuka kembali akan tetap tidak paham karena tidak dilakukan dengan cerdas.

Buat Pertanyaan

Contioh mahasiswa yang mendengar dan memahami penjelasan dosen akan bertanya jika ia tidak paham. Bagi mereka yang kurang cerdas memahami materi perkuliahan maka akan acuh saja ketika dosen mempersilahkan mahasiswa untuk bertanya.

Pertanyaan disini juga bisa dipahami dengan membuat hipotesis-hipotesis yang muncul ketika sedang mencatat hasil rangkuman.

Baca Juga:Cantik dan Awet Muda dengan Madu, Berikut 5 Cara PemanfaatannyaNgabuburit Asyik Tanpa Pacaran dengan 10 Rekomendasi Buku Islami Gramedia

Mengajukan pertanyaan adalah cara cerdas memahami materi perkuliahan. Maka dari itu konsentrasi dalam mendengar penjelasan dosen sangat diperlukan. Tentu saja mendengar secara aktif ya bukan pasif.

Sebab akan percuma saja kalau kita mencatat tapi tidak benar-benar mendengar secara aktif. Cara cerdas memahami materi perkuliahan tidak bisa dilakukan begitu karena sebenarnya kita hanya butuh konsep-konsep penting untuk memahami materi perkuliahan yang diajarkan dosen. (*)

0 Komentar