7 Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Manfaat puasa
Ilustrasi manfaat puasa. (Foto: Freepik)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.IDManfaat puasa bagi kesehatan. Puasa bukan hanya sekadar menahan lapar dan haus saja ternyata berpuasa juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Selain itu puasa juga termasuk rukun Islam yang wajib dikerjakan bagi setiap muslim yang sudah memenuhi syarat.

Lalu, apa saja sih manfaat puasa bagi kesehatan yang akan kita dapatkan?

Meningkatkan metabolisme

Manfaat puasa bagi kesehatan yang pertama adalah mampu meningkatkan metabolisme pada tubuh. Ini disebabkan karena tubuh dipaksa menggunakan cadangan lemak yang ada sebagai sumber energi selama berpuasa.

Baca Juga:5 Tips Atasi Kurang Tidur Saat Puasa5 Tips Cegah Dehidrasi saat Puasa

Tentunya dengan demikian puasa dapat membantu menurunkan berat badan dan juga meningkatkan kesehatan jantung.

Membersihkan tubuh dari toksin

Selama berpuasa tubuh kita tidak mendapatkan asupan apapun selama seharian, hal ini memungkinkan tubuh untuk membersihkan diri dari toksin yang ada didalam tubuh kita. Dengan bantuan proses detoksifikasi dapat membantu mengurangi beban pada organ-organ vital seperti: ginjal, hati dan juga sistem pencernaan.

Meningkatkan kualitas tidur

Ini dikarenakan ketika berpuasa kita tidak mengonsumsi apapun ketika sebelum tidur, dengan demikian dapat membantu tubuh merasa lebih rileks dan akhirnya tidurpun lebih nyenyak.

Meningkatkan konsentrasi

Ketika tubuh tidak harus memikirkan tentang mencerna makanan, otak menjadi lebih fokus pada saat berkegiatan seperti waktu belajar atau bekerja.

Menjaga kesehatan jantung

Sebab ketika berpuasa tubuh kita tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam dan lemak yang berlebih. Hal ini ternyata dapat membantu menurunkan kadar kolestrol dan menurunkan tekanan darah serta mengurangi terkena penyakit jantung.

Keuntungan puasa bagi kesehatan tubuh (foto: freepik.com)

Meningkatkan kesehatan mental

Berpuasa ternyata dapat meningkatkan kesadaran spiritual dan juga merangsang hormone endorphin yang mampu meredakan stress dan juga dapat meningkatkan mood.

Menjaga saluran pencernaan

Dengan tidak mengkonsumsi makanan selama seharian, tubuh kita menjadi memilik waktu untuk memulihkan dan memperbaiki sel-sel yang ada dalam saluran pencernaan. Dan dengan demikian dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit pencernaan. (*)

0 Komentar