BATANG – Perusahaan Umum Daerah Air Minum Sendang Kamulyan merupakan salah satu layanan publik yang penting bagi masyarakat di Kabupaten Batang.
Pasokan air bersih dan air minum yang dibutuhkan sehari-hari membuat Perumda Air Minum Sendang Kamulyan erat dengan kehidupan masyarakat.
Tingginya permintaan pasokan air bersih dan air minum itu juga menuntut sistem pengaduan dan pelayanan umum yang mumpuni.
Baca Juga:Tutup EmosiNatalia Ultah
Keluhan seperti air yang keruh, tekanan air yang turun, jaringan pipa yang rusak, dan lain-lain kerap diadukan oleh masyarakat.
Dahulu, apabila ada keluhan, pelanggan harus mendatangi kantor Perumda Air Minum Sendang Kamulyan secara langsung atau menghubungi kontak yang ada.
Namun, mengikuti perkembangan teknologi,penyampaian pengaduan secara konvensional itu mengalami pergeseran dengan munculnya berbagai kanal pengaduan yang disediakan oleh Perumda Air Minum Sendang Kamulyan.
“Ya, kini pengaduan pelanggan dapat dilakukan secara online. Mulai dari aplikasi pengaduan digital, media sosial seperti twitter, facebook dan instagram,” ungkap Direktur Umum Perumda Air Minum Sendang Kamulyan, Sys Mandayun, kemarin.
Dijelaskan Sys, pihaknya memiliki aplikasi pengaduan digital yakni “Banyu”. Pelanggan bisa mengunduhnya melalui play store.
Ia menyebutkan, adanya kanal aduan pada aplikasi itu, pihaknya bisa menerima 170 laporan atau masukan dari pelanggan dalam waktu satu bulan. Setiap aduan yang masuk akan direspon secara cepat dan tepat.
“Pada aplikasi itu terdapat menu pengaduan, tinggal klik. Kemudian pelanggan diarahkan untuk mengisi identitas dan pilih jenis aduan,” terangnya.
Baca Juga:Saridi HuseinHeboh 300 T
Tampilan Akun Instgram milik Perumda Air Minum Sendang Kamulyan Kabupaten Batang.
Selain melalui kanal aduan Banyu, pelanggan juga bisa mengunjungi tiga sosial media milik Perumda Air Minum Sendang Kamulyan untuk menyampaikan aduan.
“Pelanggan bisa mengadukan juga melalui twitter, facebook dan instagram kita. Pada kolom pencarian, pelanggan ketik kata kunci @pdambatang. Setelah menemukan akun kita, pelanggan pilih menu message atau messanger. Pelanggan diminta untuk mengisi identitas dan penjelasan aduan yang dialami,” jelasnya.
Dikatakannya, rata-rata aduan yang masuk berkaitan dengan kebocoran saluran rumah tangga. Adanya laporan itu, kata dia, petugas akan langsung memprosesnya.